Follow Us

Kehebatan Lionel Messi Bertambah: Kini Doi Bisa Bikin Gempa dengan Mencetak Gol

Alvin Bahar - Jumat, 13 April 2018 | 07:15
Lionel Messi
Alvin Bahar

Lionel Messi

HAI-ONLINE.COM - Tahukah kamu? Pemain bola Lionel Messi benar-benar bisa membuat Bumi gempa. Ini merupakan fakta ilmiah: ketika pemain sepak bola seperti Neymar atau Lionel Messi menciptakan gol, Bumi bergerak dan tanah bergoyang.

Nggak percaya?

Kamu bisa bertanya kepada Jordi Diaz, peneliti dari Institute of Earth Sciences Jaume Almera di Barcelona, Spanyol. Ia memiliki bukti kuat.

“Kami meletakkan seismometer di dalam sebuah bangunan di Barcelona. Ini memungkinkan kami mengidentifikasi getaran yang dihasilkan berbagai aktivitas. Termasuk kegiatan lalu lintas, kereta bawah tanah, dan pertandingan sepak bola,” papar Diaz di konferensi geosains di Wina, Austria.

Alat tersebut – yang mengukur getaran ringan hingga gempa besar – terletak sekitar setengah kilometer dari stadion Nou Camp, rumah dari tim sepak bola Barcelona. Ia menyorot betapa kuatnya efek selebrasi sepak bola.

“Kami mendapat informasi bahwa setiap kali Barcelona mencetak gol, orang-orang melompat dan stadion bergoyang,” tambah Diaz.

Diketahui bahwa kemenangan bersejarah tim Barcelona dengan skor 6-1 saat melawan Paris Saint Germain, pada babak perempat final Liga Champions, tahun lalu, menghasilkan getaran terbesar.

Cek: 5 Titisan Lionel Messi dari Seluruh Dunia

Berbeda dengan konser

Berbicara dalam ranah seismik, getaran yang disebabkan oleh penonton sepak bola tadi berbeda dengan konser.

“Terkadang kami mendengar getaran yang indah dari konser musik rock. Terutama saat Bruce Springsteen atau U2 tampil. Namun, itu seperti ‘struktur harmonis’, energi penonton terlokalisasi pada amplitudo yang tepat, jadi sebuah ritme,” jelas Diaz.

Menurutnya, ini terjadi karena para penonton konser cenderung ‘menari’, bukan melompat seperti saat menonton sepak bola.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest