Follow Us

Mengenal Ujian Masuk Perguruan Tinggi Di 5 Negara. Kalau di Indonesia SBMPTN, Di Jepang Disebut Sentā Shiken

Rizki Ramadan - Selasa, 10 April 2018 | 08:45
Pelaksanaan Ujian Abitur Di Jerman
Rizki Ramadan

Pelaksanaan Ujian Abitur Di Jerman

HAI-online.com - Untuk masuk ke sebuah universitas, tiap negara punya caranya masing-masing. Di Indonesia, kita mengenal SBMPTN. Namanya berubah-ubah. Dulu, sempat bernama Sipenmaru dan berubah jadi SPMB. Intinya sama, ujian seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Gimana dengan di negara lain? Gimana sih sistem ujian masuk PTN-nya? Untuk lo yang kepo, cek, nih:

1. Korea Selatan: Suneung

Sunuen disebut juga sebagai ujian kemampuan skolastik ke perguruan tinggi. Ujian ini penting. Tiap lulusan SMA yang mau lanjut ke universitas mesti ikut Suneung dulu, bro.

Ujian yang dikelola oleh Institut Kurikulum dan Evaluasi Korea ini digelar tiap November

Materi yang diujikan adalah Bahasa Korea, Matematika, Bahasa Inggris, Ilmu Sosial, Sains, Pendidikan Kejuruan dan Bahasa Asing.

2. Jepang: Sentā Shiken

Nama panjangnya adalah Daigaku Nyūshi Sentā Shiken yang berarti ujian nasional untuk masuk universitas negeri dan beberapa universitas swasta. Biasanya digelar pada pertengahan Januari selama dua hari.

Materi yang diujikannya adalah Kewarganegaraan, Geografi dan Sejarah, Literatur Jepang, Bahasa Asing, Sains, dan Matematika.

Karena selalu diadakan setiap musim dingin, sering terjadi hambatan karena cuaca buruk.

3. Amerika Serikat: SAT/ACT

Pelajar AS yang mau lanjut ke universitas mesti mengikuti SAT atau ACT dulu sebagai syaratnya. Keduanya memang beda, tapi nggak terlalu kentara kok. Pelajar bisa milih salah satunya. Keduanya bisa diterima untuk semua universitas di AS.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest