Follow Us

Ini Cara Sederhana untuk Menghitung Panjang Usia Kamu

Alvin Bahar - Senin, 09 April 2018 | 09:15
Sitting rising test
Alvin Bahar

Sitting rising test

HAI-ONLINE.COM - Nggak ada waktu berolahraga? Makan makanan nggak sehat? Gaya hidup nggak sehat seperti ini terkadang membuat kita takut terhadap kondisi kesehatan. Pertanyaan apakah kita akan berumur panjang juga kerap menghantui. Nah, kini ada tes sederhana untuk mengetahuinya.

Seorang dokter di Brasil menemukan tes sederhana untuk memprediksi berapa lama usia seseorang. Tes yang dinamakan Sitting Rising Test (SRT), alias tes duduk berdiri ini telah terbukti bisa memperkirakan risiko kematian seseorang dalam lima tahun ke depan. Dr.Claudio GIl Araujo, PhD, spesialis olahraga dan kedokteran olahraga, adalah orang yang menemukan tes yang mudah, cepat, dan bisa dilakukan di mana saja ini.

Cara melakukan tes SRT ini sederhana. Cukup sediakan alas duduk di lantai sekaligus pengaman apabila kita terjatuh saat akan berdiri. Caranya dimulai dengan duduk bersila di atas matras. Lalu, kita harus berdiri tanpa memikirkan seberapa cepat hal itu bisa dilakukan.

Cek:Ini Dia Dampak Dehidrasi, Dari Perubahan Mood Sampai Kematian

Yang diamati cuma seberapa banyak bantuan yang diperlukan untuk bisa berdiri. Kalo kita bisa mengubah posisi dari posisi bersila ke posisi berdiri tanpa bantuan, maka poinnya adalah 5. Kembali lagi ke posisi awal poinnya 5. Tetapi kalo kita menggunakan bantuan, baik itu tangan, jari, atau lutut, untuk menopang saat kita duduk atau berdiri, maka setiap jenis bantuan itu akan mengurangi masing-masing 5 poin.

Mendorong badan saat berdiri juga mengurangi poin. Untuk setiap poin yang kamu dapatkan, maka kemungkinan penurunan risiko kematian sebesar 21 persen. Skor 3 atau kurang maka risiko kematiannya akan lebih besar.

Menurut Araujo, ia mendapatkan ide membuat tes SRT setelah mengamati pasien-pasiennya yang berusia tua atau yang gaya hidupnya lebih banyak duduk, namun bisa melakukan tes aerobik.

"Kebanyakan dari mereka juga mampu bersepeda atau berlari di treadmill. Tetapi kalo mereka diminta mengikat tali sepatunya, mereka kesulitan. Ini menunjukkan bahwa bukan hanya kebugaran aerobik yang penting. Kita juga harus memiliki hal lain, yakni kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan," katanya.

Hasil pengamatan terhadap 2.000 laki-laki paruh baya, telah membuktikan keyakinan tersebut. Dalam pengamatan selama enam tahun, partisipan yang mampu berdiri dari posisi duduk tanpa bantuan tangan atau benda lain, cenderung hidup lebih lama dibandingkan yang lain.

Selama penelitian berlangsung, 159 orang partisipan akhirnya meninggal dunia dengan tingkat kematian rata-rata 7,9 persen. Partisipan yang butuh banyak bantuan untuk berdiri memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang bisa melakukannya tanpa bantuan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tes Sederhana untuk Menghitung Panjang Usia".

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest