Follow Us

Facebook Bakal Mengungkap Siapa Saja Pengguna Indonesia yang Datanya Dicuri, Kapan, Ya?

Fadli Adzani - Jumat, 06 April 2018 | 06:00
Ilustrasi facebook
Fadli Adzani

Ilustrasi facebook

HAI-ONLINE.COM - Baru-baru ini, terdapat kabar mengejutkan yang datang dari Facebook, di mana terdapat 50 juta pengguna Facebook yang datanya bocor ke tangan yang tidak berhak.

Dipastikan, 1 juta akun Facebook di Indonesia juga terkena dampaknya.

Facebook sendiri lewat pernyataannya akan memberitahu, akun siapa saja yang datanya telah diambil oleh Cambridge Analytica, termasuk pengguna asal Indonesia.

CEK JUGA: Selain Centang Biru, Ini Cara Lain untuk Tau Chat WhatsApp Kamu Telah Dibaca

Pemberitahuan itu akan ditampilkan lewat sebuah tautan yang ditempel di Newsfeed paling atas di akun masing-masing, pada Senin (9/4/2018) nanti.

Hal itu sesuai dengan apa yang ditulis dalam situs Newsroom Facebook, yang diposting pada Rabu (4/4/2018) lalu.

"Pada 9 April, kami akan beri tahu aplikasi apa saja yang mengambil data dari Facebook, mereka bisa menghapus aplikasi yang tidak diinginkan," tulis Facebook.

"Sebagai bagian dari proses ini, kami juga akan memberi tahu pengguna jika informasi mereka telah disalahgunakan oleh Cambridge Analytica," imbuhnya.

Jumlah akun dari Indonesia duduk di urutan ketiga dalam kasus kebocoran data ini, setelah Amerika Serikat dengan kebocoran data 70,6 juta pengguna Facebook dan Flipina dengan kebocoran data 1,1 juta pengguna Facebook.

Statistik data pribadi pengguna Facebook yang bocor
Kendati demikian, pihak Facebook mengatakan tidak mengetahui persis data apa saja yang dibocorkan ke Cambridge Analytica. Jumlah pengguna dalam grafik di atas merupakan perkiraan yang dinilai terbaik untuk mencakup angka maksimal dari akun yang terdampak.

Jumlah lebih besar?

Namun ternyata jumlah ini hanya sebagian kecil saja.

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

Latest