Follow Us

Setelah Sekian Lama, Akhirnya Arab Saudi Punya Bioskop.

Rizki Ramadan - Kamis, 05 April 2018 | 12:45
(ilustrasi) Suasana di Dalam Bioskop
Rizki Ramadan

(ilustrasi) Suasana di Dalam Bioskop

HAI-ONLINE.COM- Setelah 35 tahun lamanya, akhirnya Arab Saudi bakal punya bioskop pertamanya yang akan resmi dibuka pada 18 April 2018.

Merangkum dari VOA News, AMC Entertaiment, perusahaan jaringan bioskop raksasa dunia, menyatakan pihaknya telah diberikan izin atau lisensi untuk membuka hingga 40 bioskop di 15 kota Saudi selama lima tahun ke depan.

Sebenarnya, ini bukan bioskop pertama di Arab. Sebelumnya Kerajaan Saudi pernah mempunyai bioskop, namun para ulama berhasil memaksa pemerintah untuk menutup operasional bioskop.

CEO AMC Entertaiment, Adam Aron menyatakan pada awal pembukaan, bioskop nggak akan dipisahkan bedasarkan jenis kelamin seperti kebanyakan ruang publik di Saudi lainnya. Tapi ada kemungkinan ada beberapa waktu yang disediakan khusus untuk penonton perempuan dan laki-laki secara terpisah.

BACA JUGA: Ulasan Film "A Quiet Place": Film Sepi Yang Bikin Bioskop Penuh Teriakan

Untuk melayani populasi lebih dari 32 juta penduduk, yang didominasi usia di bawah 30 tahun, saudi rencananya akan mendirikan 350 bioskop dengan lebih dari 2.500 layar hingga 2030.

"Pasar Saudi sangat besar, dengan mayoritas penduduk yang ingin menonton film favorit mereka di sini" kata Menteri Informasi Saudi, Awwad Alawwad.

Arab Saudi sejatinya merupakan konsumen media dan budaya barat. Meski ada larangan bioskop, film-film Hollywood dan serial televisi kerap disaksikan di rumah serta menjadi perbincangan di kalangan masyarakat.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest