Follow Us

Kisah Billy Monger, Pebalap Remaja dengan Kedua Kaki Diamputasi yang Berhasil Naik Podium di Debut Comeback

Alvin Bahar - Sabtu, 07 April 2018 | 08:00
Billy Monger
Alvin Bahar

Billy Monger

HAI-ONLINE.COM - Nggak harus paham otomotif atau jadi fans racing untuk tau kalo balapan punya resiko besar. Membawa kendaraan dengan kecepatan tinggi, meski sudah dilengkapi dengan alat pengaman berteknologi tinggi, tetap saja punya peluang untuk apes dan celaka.

Namun yang namanya passion, nggak bisa dihalangi dengan hal apapun. Resiko memang selalu “jadi teman” ketika seseorang memutuskan jadi pebalap.

Hal tersebut juga sudah disadari oleh Billy Monger. Dirinya baru berusia 17 tahun ketika memutuskan ikut F4 British Championship, melalui JHR Developments, pada 2016 lalu. Ia bukanlah pemula yang buruk. Pada kejuaraan tahun itu, ia dapat 3 podium, dan berhasil berada di peringkat 12.

Setahun setelahnya, ia tetap berada di tim tersebut. 16 April 2017 jadi hari yang bakal ia selalu ingat sepanjang hidupnya. Pada balapan di Donington, ia mengalami kecelakaan fatal yang membuat dua kakinya diamputasi.

Dari kamera di mobil Billy Monger tampak bagaimana dia menabrak keras mobil lain di depannya yang diyakini dikendarai oleh pebalap Finlandia Patrik Pasma. Kendaraan Pasma ini diyakini telah berhenti di jalur depan Billy secara mendadak, sehingga Billy tak sempat menginjak rem dengan cepat. Komentator menggambarkan kecelakaan itu sebagai hal yang mengerikan. Billy nggak bisa melihat mobil Pasma, yang rusak. Bendera merah kemudian dikibarkan setelah insiden itu terjadi.

Billy berada di kendaraan itu selama lebih dari 90 menit setelah kecelakaan. Ambulans baru datang setelahnya. Monger dikatakan telah dikeluarkan sekitar pukul 2:30 sore itu terlihat saat mobilnya telah diletakkan di belakang truk dan dibawa pergi. Penyiar ITV4 melaporkan telah mengkonfirmasi Billy sadar sesaat setelah tabrakan. Balapan kemudian dilanjutkan kembali sekitar pukul 3 sore.

Tragedi yang terjadi sebulan sebelum ulang tahun Billy ke-18 tersebut bikin cedera parah di kedua kaki pemilik julukan Billy The Whizz tersebut. Tim dokter yang menangani Billy memutuskan mengamputasi kedua kaki sang pebalap muda. Billy yang mengalami koma selama tiga hari harus tersadarkan dalam kondisi yang memprihatinkan.

Cek: Untuk yang Ketinggalan, Ini Kronologi Balapan Menteri Susi dan Sandiaga Uno di Danau Sunter

Putus harapan

Seperti dilansir Planet F1 dan The Sun, Billy harus menjalani perawatan serta pemulihan fisik dan kejiwaannya. Tim medis sudah mengusahakan yang terbaik agar kakinya bisa digunakan lagi. Sayangnya, kenyataan berkata lain. Kedua kakinya harus diamputasi, dan sepasang kaki palsu berbahan titanium harus dipasang.

Billy mengalami masa sulit selama beberapa bulan. Dia kerap mengingat peristiwa kecelakaan balapan, di mana saat itu Billy menabrak mobil pebalap lain dan membentur dinding pebatas lintasan dalam kecepatan 200 km per jam.

Source : Hai Online

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest