Follow Us

Ini Batasan Wajar Menggunakan Media Sosial Setiap Harinya

Rizki Ramadan - Kamis, 05 April 2018 | 11:45
ilustrasi bermain media sosial
Rizki Ramadan

ilustrasi bermain media sosial

HAI-ONLINE.COM- Hayo, siapa nih di sini yang kalau nggak buka LINE atau Instagram sehari aja langsung gelisah? Apalagi kalau internet lagi bermasalah. Pasti langsung bete.

Nggak bisa dipungkiri lagi memang. Kebanyakan orang zaman sekarang sudah nggak bisa bertahan sehari aja tanpa mengakses akun media sosialnya.

Hal ini terbukti dari sebuah survei yang dilakukan oleh Global Web Index pada tahun 2016 yang menunjukan rata-rata orang menghabiskan waktu dua jam setiap harinya hanya untuk membuka dan mengecek apa yang terjadi di media sosialnya. Padahal sebenarnya, terlalu banyak menggunakan media sosial itu nggak baik loh guys untuk kesehatan.

BACA JUGA: 8 Pilihan Smartphone Terbaik Bandrol di Bawah Rp3 Juta!

Survei lain yang dilakukan oleh Retrevo menguak bahwa 11% dari peserta penelitiannya mengaku nggak bisa menahan diri untuk membuka media sosial setiap dua jam. Angka ini tentunya nggak mengejutkan buat kita, melihat kebiasaan banyak orang yang susah banget lepas dari ponselnya masing-masing.

Menurut sejumlah penitilian, terlalu sering menggunakan media sosial juga bisa berdampak buruk pada kesehatan mental seseorang loh, guys. Salah satu yang meneliti hal ini adalah University of Pittsburgh.

Penelitian ini membuktikan bahwa orang yang terlalu aktif menggunakan media sosial setiap harinya memiliki resiko depresi hingga tiga kali lebih besar dibandingkan mereka yang jarang membuka atau menggunakan media sosial.

Selain itu, ada satu penelitian lagi yang dilakukan oleh Case Western Reserve School of Medicine yang mengaitkan kecanduan media sosial dengan perilaku sembrono khusunya pada remaja.

Melihat hasil penelitian tersebut, remaja yang ketagihan media sosial 3,5 kali lebih mungkin melakukan hal-hal yang beresiko bagi dirinya dan sekitarnya tanpa pikir panjang. Misalnya seperti merokok, minum alkohol, dan seks bebas.

Jadi, berapa batas wajar menggunakan media sosial setiap harinya?

Sebenarnya belum ada patokan waktu berapa jam atau menit kita seharusnya menggunakan media sosial. Bahkan para ahli pun sampai saat ini belum menentukan berapa lama tepatnya seseorang boleh main media sosial setiap harinya. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki kondisi psikologis dan reaksi emosional yang berbeda-beda terhadap isi media sosialkan.

Namun, banyak yang bilang kalau ada baiknya kalau kita nggak menghabiskan waktu hingga dua jam sehari hanya untuk menjelajah media sosial.

Seorang psikoterapis dari California School of Professional Psychology, Philp Cushman, menganjurkan supaya kita membatas penggunaan media sosial setengah jam sampai satu jam per hari saja.

Nantinya, kalau sudah terbiasa lepas dari media sosial, kita bisa membatasinya lebih tetat lagi, yaitu hanya ketika punya waktu luang. Kalau gabut terus gimana dong? Mending bantu orang tua aja, guys. Masak, jagain adek, jemur pakaian. Lebih berfaedah.

Tapi ingat, ini bukan berati lo nggak boleh menggunakan media sosial sama skelai. karena di zaman sekarang kan media sosial juga bisa menjadi media silaturahmi. Tapi jangan kelebihan juga, ya, guys!

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest