Follow Us

Panduan Mudah Menjalani Hidup Supaya Kamu Nggak Stres

Alvin Bahar - Selasa, 03 April 2018 | 03:00
Mitos yang Salah Tentang Depresi
Alvin Bahar

Mitos yang Salah Tentang Depresi

HAI-ONLINE.COM - Kita semua pasti sering mengalami stres. Namun, bayangkan kalo kita bisa mengurangi kadar stres dengan tindakan kecil nan simpel? Tujuh teknik di bawah ini bisa membantu kamu mengurangi stres dalam hidup. Bahkan, bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidur dan bangun lebih cepat

Tidur sangat penting untuk kesehatan. Tidur dan bangun lebih cepat membuat kamu lebih siap menyambut hari. Kalo pagi kamu sudah semrawut, ada kemungkinan sepanjang hari akan berjalan sama seperti itu. Untuk mencegahnya, sediakan sedikit waktu di pagi hari untuk rileks.

Kamu bisa menyiapkan kebutuhan esok di malam harinya. Dengan begitu, waktu di pagi hari bisa digunakan untuk melakukan sesuatu yang disuka. Misalnya, membaca, menulis, meditasi, dan sebagainya.

Membuat daftar kegiatan

Mulai hari dengan membuat daftar kegiatan yang harus dilakukan. Ini membantu kamu tetap terorganisir. Kamu tahu apa saja yang harus segera dilakukan tanpa mesti menunggu esok hari. Juga memberikan kepuasan tersendiri apabila berhasil menyelesaikannya.

Jangan khawatir terhadap apa yang nggak bisa dikontrol

Rasa cemas menyedot banyak energi dan waktu. Jangan sia-siakan waktu untuk mengkhawatirkan hal yang nggak bisa kamu kontrol. Seberapa pun kita sering cemas, nggak akan mengubah situasinya.

Namun, kalo memang keadaannya masih bisa kamu kontrol, sebaiknya fokuskan pikiran kepada solusi dibanding masalahnya. Saat kamu memfokuskan energi kepada masalah, yang terjadi justru semakin rumit dan sulit diselesaikan, Berbeda ketika kamu mengalihkan pikiran ke solusi, masalah jadi terasa lebih mudah untuk diatasi.

Belajar mengatakan ‘nggak’

Salah satu cara kuat untuk mengurangi stres adalah dengan berani mengatakan ‘nggak’ pada hal-hal yang nggak ingin kamu lakukan. Memberikan tekanan kepada diri sendiri bisa mengarahkan kamu pada stres yang nggak perlu.

Membatasi distraksi

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest