Follow Us

Jangan Keseringan Chatting Kalau Nggak Mau Ngerasain 3 Cedera Ini

Rizki Ramadan - Senin, 02 April 2018 | 09:45
Bahaya chatting nggak kenal waktu
Rizki Ramadan

Bahaya chatting nggak kenal waktu

HAI-ONLINE.COM- Hayo, siapa di sini yang suka lupa waktu kalau udah chatting sama si doi? Memang sih, di masa sekarang ini, smartphone udah menjadi benda terpenting, Bahkan sebagian orang lebih rela ketinggalan dompet daripada ponsel.

Tapi tau nggak sih, guys, kalau chatting atau menatap layar smartphone terlalu lama itu bisa menyebabkan cedera? Dilansir dari laman Clevelandclinic.org, angka cedera yang disebabkan dari pengguna ponsel disebut semakin meningkat.

Selain itu, ahli bedah Ortopedi di Amerika Serikat, Peter J. Evans, MD, PhD pun mengaku nggak jarang menemukan model cedera yang disebabkan oleh tingginya instensitas penggunaan ponsel. Mau tau apa aja? simak dulu nih.

Cedera Jempol

Dr Evans menyebut cedera jempol ini dengan istilah 'texting thumbs'. Jempol kita sebetulnya nggak terlalu cekatan untuk berpindah maupun dibengkokkan.

Sehingga aktivitas mengetik yang terlalu sering dan dilakukan dengan jempol berpotensi menimbulkan cedera pada otot dan tendon.

Menimbulkan peradangan yang menyebabkan pembengkakan, dan juga jempol kaku. Ia menyarankan agar kita rajin mengubah gaya mengetik. Misalnya mengetik dengan telunjuk, menggunakan keyboard tambahan, atau beristirahat sejenak.

Kita juga bisa mempertimbangkan penggunaan teknologi yang bisa mengubah suara menjadi teks. Sehingga, kita bisa meminimalisasi penggunaan jempol.

Sakit leher, punggung dan bahu

Banyak orang menghabiskan waktu dengan menunduk saat melihat ke layar ponselnya. Kebiasaan ini bisa menimbulkan masalah pada leher dan punggung atas. Terlebih jika dilakukan selama berjam-jam setiap harinya. Ini bisa menyebabkan otot tegang dan kaku. Terutama di bagian leher, punggung bagian atas dan bahu. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan risiko kemungkinan timbulnya artritis dini di bagian leher.

Dr Evans menganjurkan untuk menjaga ponsel berada sejajar dengan mata untuk menghindari kepala menunduk.

Cell phone elbow

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest