Follow Us

Eno Bening: Jadi YouTuber itu Bukan Sekedar Uploader

Dewi Rachmanita - Jumat, 30 Maret 2018 | 09:20
Go Deeper Hidup Dari YouTube
Hai Online

Go Deeper Hidup Dari YouTube

HAI-Online.com – Kalo adik-adik kita ditanya mau jadi apa ciita-citanya nanti, mungkin nggak sedikit yang bilang dan bermimpi jadi YouTuber. Sebenarnya sah-sah aja kalau memang ingin menjadikan YouTuber sebagai profesi. Namun, kita juga mesti paham nih nggak semudah itu loh menghasilkan duit yang banyak dari YouTube.

Ada yang namanya sistem monetisasi (cara cari duit lewat AdSense) seperti yang udah dijelasin di artikel sebelumnya. Bikin konten YouTube yang bisa dimonetisasi itu sendiri juga nggak segampang yang dibayangkan. Sederet aturan dari YouTube pun harus lo patuhi biar akun nggak di-banned karena tindakan pelanggaran.

Makanya, sedari awal jangan pernah kalo mau jadi YouTuber di Indonesia ketergantungan dari Adsense!

Udah nonton video di atas ya? Udah ngerti dikit-dikit, lha, yha?

Nah, untuk tahu segala seluk beluk YouTube dan profesi YouTuber, HAI ngobrol bareng langsung sama Eno Bening yang merupakan salah satu ambassador YouTube di Indonesia.

Track record-nya nggak main-main loh. Cowok lulusan UI ini termasuk generasi awal yang menjadi konten kreator alias YouTuber dari awal kemunculan platform itu, bahkan saat monetisasi masih perlu Multi Channel Network (MCM) luar negeri. Eno Bening sendiri mengawali karirnya di YouTube sewaktu SMA dan nggak ada niatan sama sekali untuk menjadi YouTuber.

“Awalnya sebenarnya karena ingin naro video-video doang. Gue basic-nya film maker. Tapi, dulu ingin film terkenal tuh susah. Akhirnya gue nemu YouTube yang gue pikir awalnya cuma bisa nonton doang, tahunya bisa upload juga,” kata Eno.

Yap, waktu itu YouTube memang belum se-booming sekarang, apalagi di Indonesia. Nggak bisa tuh kita lihat daily vlog atau video gaming berseliweran di YouTube.

Mengelola “Perusahaan” Bernama YouTube

Kalau Eno Bening butuh waktu bertahun-tahun untuk mampu mengumpulkan subscribers, views, sampai memonetisasi akun YouTube-nya, berbeda dengan saat ini dan beberapa waktu ke belakang. Cowok yang punya dua akun YouTube ini, yaitu Cleansound Studio dan Eno Bening cerita betapa sekarang gampang banget untuk jadi YouTuber bahkan untuk monetisasi.

Lo hanya perlu bikin akun, upload, aktifkan untuk di monetisasi, kirim permohonan, dan sudah bisa melakukan monetisasi. Sedangkan dulu Eno menurut ceritanya perlu sejumlah step bro.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest