Follow Us

Ninja Sejati Nggak Suka Pakai Shuriken! Ini Fakta Tentang Ninja Yang Belum Banyak Diketahui

Rizki Ramadan - Kamis, 03 Mei 2018 | 13:15
Ninja
Rizki Ramadan

Ninja

HAI-online.com - Bagi anak motor, ninja adalah motor racing. Bagi anak Mobile Legends, ninja adalah Hayabusa si hero bayangan. Bagi anak anime, ninja ya berarti Naruto cs.

Well, kita semua tahu ninja dan menafsirkannya sendiri-sendiri.

Tapi suka penasaran nggak sih, sebenernya ninja itu apa dan gimana asal-usulnya?

HAI punya ceritanya nih.

Ninja Sempat Dieksploitasi

Ninja semakin terkenal sejak mereka mengalami eksploitasi selama 100 tahun dalam peristiwa Sengoku Jidai atau "Warring States Period" pada abad 15-17

Di periode itu, pemerintah Jepang sudah runtuh dan para panglima mulai berperang untuk memperebutkan tanah, sumber daya alam, dan kekuasaan. Di situ lah ninja berfungsi sebagai kekuatan yang beda dari samurai dan pasukan petani. Ninja beraksi dalam sembunyi.

Ninja berfungsi sebagai mata-mata, penyabotase, penyampaian pesan, hingga pembunuhan.

Para ninja awalnya dibentuk oleh para Yamabushi, petapa gunung Jepang. Yamabushi dipercaya memiliki kekuatan supranatural yang bisa menyatukan pikiran mereka dengan alam.

Ninja pemula akan dilatih teknik bertahan hidup oleh para Yamabushi.

Alasan ninja dibentuk saat itu adalah karena kaum samurai yang dianggap sebagai penguasa membawa kehidupan yang nggak nyaman dan penuh ritual penghormatan yang ketat serta berperilaku baik hanya pada kastanya sendiri.

Para petani di masa itu langsung membentuk kelompok masyarakat sendiri yang lebih demokrati dan lepas dari aturan para samurai. Desa tempat mereka tinggal adalah Iga dan Koka.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest