Follow Us

3 Kiper yang Top di Eropa Ini Harganya Melambung Tinggi, Siapa Saja Mereka?

Fadli Adzani - Kamis, 22 Maret 2018 | 02:00
Jan Oblak
Fadli Adzani

Jan Oblak

HAI-ONLINE.COM - Sosok kiper dalam sebuah tim memang menjadi sosok sentral, terlebih bagi beberapa klub besar Eropa saat ini.

Real Madrid misalnya, sepanjang musim 2017-2018, klub raksasa spanyol ini selalu diterpa isu mencari suksesor Keylor Navas yang tak kunjung didapatkan.

Berbeda cerita dengan Manchester United, dengan David de Gea di dalamnya yang peroleh banyak pujian sepanjang musim di tengah banyaknya kritikan terhadap klubnya.

CEK JUGA: Kalau Salah Bisa Cetak 4 Gol, 5 Pesepakbola Ini Pernah Mencetak Lima Gol dalam Satu Pertandingan!

Atau kiper Chelsea, Thibaut Courtois, yang banyak dikaitkan akan berpindah ke klub lain musim depan.

Pentingnya seorang kiper membuat klub juga haru cerdas memilih kiper baru atau mempertahankan kipernya, karena semakin apik performa seorang kiper maka semakin banyak klub yang meminatinya.

Bahkan, performa sang kiper bisa jadi mempengaruhi harga pasarnya, seperti tiga kiper top Eropa ini:

3. Ederson Moraes (+ 54 juta euro)

Ederson Moraes
Nama Ederson Moraes mencuat setelah geser Claudio Bravo sebagai kiper utama Manchester City musim 2017-2018.

Lakoni musim pertama setelah dibeli dari Benfica dengan mahar 40 juta euro, Ederson langsung tak tergantikan di bawah mistar City pada kompetisi Liga Inggris dan Liga Champions.

Kepercayaan pelatih Manchester City, Pep Guardiola, pun dibayar mahal. Sang kiper hanya kebobolan 20 gol di Liga Champions dan berhasil catatkan 15 clean sheet, menjadi yang terbanyak sementara bersama rival sekota, Manchester United.

Performa apiknya tersebut membuat sang pemain yang dikabarkan diincar Barcelona ini diperkirakan memiliki harga pasar mencapai 99 juta euro atau mencapai 1,68 triliun rupiah.

1 2

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

Latest