Follow Us

Ini 5 Tempat Wisata Warna-Warni di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

- Kamis, 22 Maret 2018 | 12:00
Kampung Warna-warni (KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO)
Hai Online

Kampung Warna-warni (KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO)

HAI-Online.com - Bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu aja? Kali ini lo wajib berkunjung ke berbagai tempat di Indonesia yang warna-warni sob. Mulai dari pemukiman sampai jalan, deretan tempat warna-warni ini bisa jadi spot foto yang Instagram-able banget.

Dilansir dari Kompas.com, ini dia 5 tempat wisata warna-warni yang patut lo kunjungi

1. Kampung Tridi, Malang, Jawa Timur

Kampung Warna-warni (KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO)
Keunikan kampungnya yang warna-warni ini memang udah cukup tersohor. Dikenal juga dengan Kampung Wisata Jodipan, lokasi ini menjadi populer memang setelah warna-warni cerah di berbagai bangunannya sering diabadikan di Instagram. Awalnya ide untuk mengecat pemukiman ini dengan warna yang cerah berasal dari mahasisa Universitas Muhammadiyah yang menggandeng CSR perusahaan cat pada 2016 lalu.

Ada ratusan rumah loh di utara Sungai Brantas yang berwarna-warni. Selain itu, terdapat banyak mural tiga dimensi dan jembatan kaca gantung yang bikin kampung ini menarik jadi destinasi wisata.

2. Kampung Code, Yogyakarta

Kampung Warna-warni (Tribun Jogja/Cahyo Nugroho)
Lo sudah langsung bisa lihat keindahan warna-warna rumah penduduk dari jalna raya bro. Setelah sebelumnya terkenal sebagai pemukiman kumuh di Yogyakarta, Romo YB Mangunwijaya, arsitek sekaligus pemuka agama Katolik bersama mahasiswa menata kawasan itu sesuai kontur alam dan kini jauh lebih indah serta terawat. Pada 2015, rumah dan atap Kampung Code dicat warna-warni layaknya pemukiman atau festival di Rio de Janeiro.

3. Kampung Warna-warni Bogor, Jawa Barat

Kampung Warna-warni (KOMPAS.com/Ramdhan Triyadi Bempah)
Nggak perlu jauh-jauh untuk menikmati keunikan warna-warni dalam kampung, di Bogor juga ada kok. Berlokasi di Kelurahan Katulampa, para pemuda setempat menjalankan ide mengecat rumah dan gambar lanskap kota Bogor di dinding rumah lima RT. Selain itu, mereka juga merenovasi ruang terbuka menjadi arena permainan tradisonal dan perpustakaan. Ada juga loh operator river tubing dengan ban bekas untuk menyusuri Kali Katulampa. Menarik kan sob?

4. Kalilo, Banyuwangi, Jawa Timur

Kampung Warna-warni (TRIBUN/SURYA/HAORRAHMAN)
Memiliki konsep warna-warni di rumah, daerah Kalilo, Banyuwangi, Jawa Timur ini berasal dari sebuah program yang ditujukan memang untuk menarik wisatawan. Berbagai pihak terlibat loh dalam menjalankan program ini, mulai dari masyarakat setempat, pemerintah, sampai mahasiswa untuk mengubah wajah pemukiman kumuh jadi lokasi wisata yang menarik.

5. Sungai Cikao, Purwakarta, Jawa Barat

Kalau kebanyakan warna-warni menarik hadir di bangunan rumah atau dinding, kali ini berbeda di Sungai Cikao. Warna-warni itu terdapat di berbagai batuan besar. Uniknya nih, lokasi yang diberi nama Batu Pelangi itu muncul setelah banyak vandlisme. Kini, malah banyak wisatawan yang memang datang khusus untuk foro di latar batu warna-warni itu.

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest