Follow Us

Pokoknya Jangan Pernah Lakukan Hal-hal Ini Ketika Petir Menyambar

Alvin Bahar - Selasa, 20 Maret 2018 | 07:45
Hati-hati di puncak gunung atau bukit di kala hujan.
Alvin Bahar

Hati-hati di puncak gunung atau bukit di kala hujan.

HAI-ONLINE.COM - Jangan sepelekan musim hujan dan petirnya. Saat musim begini, ada hal-hal yang nggak boleh dilakukan saat terjadi petir.

Petir emang dianggap cukup berbahaya. Sebab petir dapat mengacaukan sirkulasi darah dalam tubuh, merusak pernapasan, dan banyak kasus seseorang meninggal kalo tersambar langsung oleh petir.

Kalo kamu melihat ada petir, sebaiknya jangan berada di tempat yang terbuka. Hindari dan cari perlindungan ke tempat yang lebih tertutup. Masuklah ke dalam mobil, rumah, atau bangunan apa pun.

Berlindung di luar ruangan sangat nggak dianjurkan, apalagi di bawah pohon! Sebab pohon bisa tersambar petir dan manusia yang berlindung di bawahnya pun bisa ikut tersambar!

Cek: 3 Kejadian Hujan Uang yang Pernah Terjadi di Indonesia, Ada yang Dilakukan oleh Pebasket NBA!

Sebaliknya, kalo teman-teman berada di dalam mobil maka akan lebih aman. Sebab biasanya energi petir nggak masuk ke dalam mobil, hanya mengelilingi sisi-sisi mobil dan jatuh ke tanah.

Namun, bukan berarti seseorang bisa langsung aman hanya dengan berada di dalam rumah! Ada pula beberapa hal yang sebaiknya teman-teman hindari ketika petir, meski di dalam rumah.

Di antaranya adalah menggunakan telepon rumah, sebab kabelnya dapat jadi saluran gelombang petir untuk datang. Kalo ingin menelepon, teman-teman bisa menggunakan gawai.

Selain itu, jauhi kabel listrik dan cabut stop kontak. Hal-hal yang berhubungan dengan listrik seringkali bisa menyebabkan petir merambat masuk lebih cepat.

Selain itu, yang lebih berbahaya lagi, petir bisa menyambar sesuatu/sebuah tempat lebih dari sekali. Bisa saja sebuah pohon disambar petir dua kali, tiga kali, bahkan puluhan hingga ratusan kali.

Artikel ini sudah tayang di bobo.grid.id dengan judul “Awas! Inilah yang nggak Boleh Dilakukan Saat Ada Petir

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest