Follow Us

5 Penemuan Sejarah Penting yang Ditemukan Nggak Sengaja

Alvin Bahar - Kamis, 15 Maret 2018 | 03:00
Terra Cotta Army
Alvin Bahar

Terra Cotta Army

HAI-ONLINE.COM - Selama ini, beberapa situs sejarah yang telah diteliti manusia pada awalnya nggak ditemukan berdasarkan riset yang dilakukan sebelumnya. Kebanyakan dari situs dan penemuan tersebut malah ditemukan secara nggak sengaja oleh orang-orang yang bukan peneliti atau ahli arkeolog.

Cek: 10 Penemuan Hebat yang Nggak Meraih Nobel, Salah Satunya Penemuan Stephen Hawking

Goa Lascaux

Di bulan Septemper 1940, tatkala empat orang remaja asal Perancis sedang menjelajahi hutan dekat Montignac, mereka menemukan sebuah gua bawah tanah yang amat luas dengan dinding goa berhias 2.000 lukisan dan pahatan purba.

Para ahli sejarah menerka lukisan dan pahatan di goa tersebut berumur sekitar 17.000 tahun. Banyak orang menduga bahwa goa tersebut dulunya digunakan sebagai tempat berkumpul untuk kegiatan keagamaan dan berburu di era Paleolitikum.

Prajurit Terra Cotta

Tahun 1974, sekelompok petani asal Tiongkok menemukan satu penemuan terheboh dalam sejarah: ribuan patung prajurit Dinasti Qin. Tujuh orang petani tersebut sedang berusaha menggali sumur di kawasan dekat kota Xian ketika sekop mereka mengenai salah satu kepala prajurit batu itu. Sebanyak 8000 patung ksatria Terra Cotta termasuk patung kuda dan kereta tempur itu dimaksudkan dibangun untuk mengantar Ksatria Qin Shi Huang ke kehidupan selanjutnya. Situs ini kemudian dinyatakan sebagai salah satu situs arkeologi penting di Tiongkok.

Patung Venus de Milo

Sebelum ditemukan di tahun 1820, patung wanita tanpa lengan ini telah terkubur selama ratusan tahun di pulau kecil di Yunani bernama pulau Melos.

Penemunya, seorang petani bernama Yorgos Kentrotas secara nggak sengaja menemukannya saat ia sedang mengevakuasi barang-barang dari reruntuhan bangunan tua. Dibantu oleh Oliver Voutier, seorang pelaut asal Perancis yang ketika itu sedang mencari barang antik di wilayah sekitar reruntuhan, keduanya mengangkat patung perempuan yang ternyata nggak memiliki lengan itu. Di tahun 1821 keduanya menjual patung tersebut pada Raja Louis XVII. Para ahli sejarah menduga patung tersebut merupakan representasi dari dewi Yunani Aphrodite, namun hingga kini mereka belum mengetahui apa yang mungkin dipegang tangan patung dewi tersebut.

Halaman Selanjutnya

Kota bawah tanah Derinkuyu
1 2

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest