Follow Us

3 Hal yang Mengancam Eksistensi Manusia Menurut Stephen Hawking

Alvin Bahar - Rabu, 14 Maret 2018 | 04:30
Stephen Hawking
Alvin Bahar

Stephen Hawking

HAI-ONLINE.COM - Stephen Hawking, fisikawan yang dikenal dunia dari teori black hole dan gravitasi singularitasnya, memiliki pendapatnya sendiri akan tiga hal utama yang dapat merusak peradaban manusia di muka bumi. Berikut ini penjelasannya:

1. Kecerdasan Buatan atau Artificial Intellegence (AI)

Hawking merupakan salah satu dari sekolompok ilmuwan yang mempunyai kekhawatiran akan kecerdasan buatan dan bagaimana hal tersebut akan membantu dan sekaligus merusak peradaban manusia. "Perkembangan yang semakin maju di bidang kecerdasan buatan merupakan kunci kehancuran manusia." lapornya pada BCC pada Desember 2014 lalu. Respon tersebut timbul saat ia baru saja menguji coba tekhnologi voice-synthesizing terbaru.

"Karena banyaknya potensi yang dapat diberikan dari hasil tekhnologi kecerdasan buatan atau artificial intellegence, sangat penting untuk kita mencari tahu cara yang bijak demi mengambil hanya keuntungan yang diberikan dan menghindari kerugian yang dapat ditimbulkan," ungkapnya dalam surat peringatan tentang bahaya yang ditimbulkan kecerdasan buatan, yang juga ditandatangani oleh beberapa ilmuwan lainnya seperti Elon Musk. Surat tersebut kemudian diterbitkan secara online oleh sebuah organisasi sukarela yang memberikan tulisan tentang bahaya yang mengancam kehidupan, Future of Life Institute, pada 11 Januari lalu.

Namun banyak juga ilmuwan yang menolak pemikiran Hawkin dan Elon, bahwa peradaban manusia nggak terancam oleh perkembangan kecerdasan buatan atau AI. Demis Hassabis, seorang ilmuwan AI di Google DeepMind, merupakan salah satunya. "Manusia masih jauh dari kehancuran akibat majunya tekhnologi seperti yang ditakutkan Hawking," ungkapnya.

Cek: Pesan Terakhir dari Stephen Hawking: Manusia Harus Cari Planet Baru untuk Dihuni

2. Agresi Manusia

"Kalo teknologi nggak menyebabkan kehancuran, maka kita sendirilah yang akan menghancurkan diri sendiri." Ketika Hawking ditanya mengenai apa kegagalan manusia yang sangat ingin ia rubah, ia menjawab, "Agresi manusia adalah yang sangat ingin saya ubah. Mungkin hal tersebut berguna saat jaman batu berlangsung; keinginan bertahan hidup dengan upaya mencari makan, wilayah untuk tempat tinggal dan pasangan manusia lain untuk menghasilkan keturunan. Namun agresi tersebut kian mengganas di jaman kini dan akan sangat mungkin memberikan bahaya bagi keberlangsungan umat manusia itu sendiri."

Sebagai contoh, perang nuklir. "Perang nuklir tentu saja akan memusnahkan keberadaan umat manusia, dan menghapus seluruh ras manusia," tambahnya. Hawking juga mengatakan bahwa ia sangat ingin memperbesar rasa empati yang dimiliki manusia, karena empati akan memberikan manusia kehidupan yang lebih tenang dan damai.

3. Kehidupan Alien

"Kalo suatu hari nanti kehidupan alien terbukti ada," ungkap Hawking, "maka dampak yang ditimbulkannya terhadap manusia nggak akan sebaik yang dibayangkan." Menurutnya, keberadaan alien nantinya akan memberikan perubahan yang sangat besar dan signifikan seperti halnya yang disebabkan Christopher Columbus ketika menemukan Amerika.

Artikel ini pertama kali tayang di National Geographic Indonesia dengan judul "Tiga Hal yang Mengancam Eksistensi Manusia Menurut Stephen Hawking"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest