Follow Us

Mau Traveling ke Maluku? Ini Dia 23 Acara Seru di Maluku pada Tahun 2018

- Selasa, 13 Maret 2018 | 12:30
Santai di Banda Neira paling Juara
Hai Online

Santai di Banda Neira paling Juara

HAI-Online.com – Udah punya rencana mau traveling ke daerah Indonesia Timur, seperti Maluku, mungkin?

Pas banget, nih, kalo kalian ada rencana mau jalan-jalan ke Provinsi Maluku jangan lewatkan untuk melihat pertunjukkan seni, budaya, hingga atraksi lainnya.

Seperti informasi yang HAI kutip dari Kompas.com, Plt Gubernur Maluku, Pak Zeth Sahuburua mengatakan di Maluku ada 23 agenda wisata selama tahun 2018. Agenda tersebut memiliki tema “Maluku Sensasi Seribu Pulau”, dua diantaranya masuk ke dalam 100 Event Wonderful Indonesia.

CEK JUGA NIH: Ini Dia Video Penampakan Jakarta Era 90-an yang Anti Macet!

“Kekayaan alam di Maluku sangat luar biasa, terutama pantainya yang begitu eksotis dan kearifan lokalnya. Di tahun 2018 ini wisatawan bisa melihat 23 event yang ada di Provinsi Maluku,” ujar Zeth dalam acara peluncuran Calendar of Event (CoE) Provinsi Maluku 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Senin (12/3).

Mau tahu apa saja event yang dilangsungkan di Provinsi Maluku selama 2018? Langsung cek aja, nih, boskuu….

  1. Festival Ina Ata
Festival ini dilaksanakan di Desa Abubu, Pulau Nusa Laut, Kabupaten Maluku Tengah yang berlangsung pada 2 Januari 2018. Dalam festival ini wisatawan bisa melihat pentas seni, lomba, hingga wisata keliling Pulau Nusa Laut.

  1. Festival Budaya Banda
Keragaman budaya masyarakat Pulau Banda bisa disaksikan dalam festival ini. Lalu wisatawan juga bisa melihat peninggalan bersejarah di sana. Acara ini akan digelar pada April 2018 di Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah

  1. Festival Musik Jalur Rempah
Agenda ini dilakukan untuk mengangkat kejayaan jalur rempah di Provinsi Maluku. Pelaksanaannya dilakukan pada 10 hingga 14 Mei 2018 berada di tiga tempat yang merupakan situs sejarah. Di antaranya di Kecamatan Leihitu (Pulau Ambon) tepatnya di Benteng Amsterdam. Lalu di Benteng Nassau di Kecamatan Banda (Pulau Banda Neira) dan Benteng Durstede Kecamatan Saparua (Pulau Saparua).

  1. Hari Pattimura
Perayaan yang dilakukan pada 15 Mei 2018 ini memperingati lahirnya Pahlawan Nasional dari Maluku bernama Thomas Matulessy atau Kapitan Pattimura. Nantinya akan ada ritual penyalaan obor induk dari Pulau Saparua diarak estafet hingga ke Kota Ambon.

  1. Atraksi Pukul Sapu
Atraksi ini merupaka ritual yang dilakukan tiap tahun tepatnya hari ke-7 usai lebaran Idul Fitri. Pertunjukan akan dilakukan para pemuda yang saling berhadapan dan memukul dengan batang sapu lidi. Acara ini akan diselenggarakan pada 23 Juni 2018 di Kecamatan Leihitu (Pulau Ambon) tepatnya di Desa Mamala dan Desa Morela.

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest