Follow Us

E-Bomb, Bom yang Dibuat Bukan untuk Membunuh Manusia, Tapi untuk Menghancurkan Jaringan Listrik

Alvin Bahar - Jumat, 09 Maret 2018 | 08:00
bom rakitan
Alvin Bahar

bom rakitan

HAI-ONLINE.COM - Nama ElectromagneticBomb alias e-bomb kesannya memang “lebih indah dan bersahabat”. Tapi kalo diledakkan di atas target, efeknya tetap saja mengerikan karena bisa menyebabkan kematian massal.

Sebagai bom pembasmi semua peralatan elektronik, kalo bom ini diledakkan, dampaknya dapat langsung memberangus seluruh peralatan listrik.

Wahana elektronik yang bisa dihancurkan antara lain mulai dari radio, telepon, TV, komputer, generator, pengatur elektrik mobil/motor, hingga jaringan PLN. Bahkan seluruh sendi kehidupan yang tergantung pada aliran listrik termasuk kekuatan militer di wilayah sasaran praktis akan dibuat lumpuh.

Cek: Gokil! Mobil Terbang Siap Dijual Tahun 2019. Bisa Buat Solusi Kemacetan Nggak Ya?

E-Bomb ketika diledakkan memang nggak bertujuan membunuh manusia secara langsung. Tapi meski nggak dirancang untuk membunuh orang, bom ini secara nggak langsung toh akan menimbulkan korban jiwa. Pasalnya berbagi peralatan penunjang hidup di rumah-rumah sakit bisa dibuat nggak berfungsi sama sekali.

Hal ini berarti bila ledakkan e-bomb bisa melumpuhkan seluruh peralatan listrik dalam sebulan, tentu dampaknya akan sangat mengerikan kalo bom ini dijatuhkan di atas kota-kota besar.

E-Bomb sebenarnya ditemukan secara nggak sengaja. Awalnya bermula ketika para ilmuawan AS sedang menguji bom hidrogen pada tahun 1958 di sebuah tempat di wilayah Samudera Pasifik. Pada jarak ratusan mil dari pusat uji, jaringan listrik di jalan-jalan di Hawaii tiba-tiba padam.

Ledakan juga membuat perangkat radio di Australia, yang jaraknya amat jauh, bungkam. Pemadaman tersebut nggak lain terjadi akibat efek Compton.

Menurut teori yang dikembangkan Arthur Compton pada 1925 itu, energi elektromagnet yang dilepas radiasi sinar gamma dari bom nuklir rupanya akan memukul keluar elektron-elektron dari atom oksigen dan nitrogen di atmosfer.

Nah, kejutan medan listrik akibat banjir elektron dadakan di atmosfer inilah yang selanjutnya berpotensi membungkam peralatan listrik. Sejumlah pihak mengatakan, militer AS telah memiliki e-bomb yang dikembangkan dari bom hidrogen dan sempat akan digunakan untuk mengebom Korut pada 2017 lalu.

Secara teknologi, e-bomb sedikitnya tersusun dari dua komponen vital. Pertama, silinder metal (disebut pula armature) berbalut koil atau strator winding yang akan berfungsi sebagai pembangkit gelombang elektromagnet. Laiknya penghimpun listrik, strator winding tentu dilengkapi pula sederet kapasitor penyimpan listrik.

Komponen kedua adalah bahan peledak daya tinggi sebagai penyembur gelombang elektromagnet.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest