Follow Us

Wih! 7 Kampus di Indonesia Ini Sudah Menerapkan Sistem E-Learning Loh

Rizki Ramadan - Jumat, 09 Maret 2018 | 07:00
suasana perkuliahan jurusan Bisnis di Kampus IPMI
Rizki Ramadan

suasana perkuliahan jurusan Bisnis di Kampus IPMI

HAI-online.com - Sekarang kuliah sudah nggak perlu repot-repot lagi bro mesti selalu datang ke kampus. Kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan dengan jarak yang jauh dan lebih digital. Hal ini bisa terealisasi juga karena adanya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.24 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaran Pendidikan Jarak Jauh oleh Perguruan Tinggi.

Berkat adanya sistem e-learning, lo sebagai peserta didik memungkinkan belajar dalam kegiatan perkuliahan dengan dosen sebagai pendidik yang jaraknya terpisah. Kegiatan pembelajaran juga dilakukan lewat berbagai sumber memanfaatkan teknologi informasi, komunikasi, dan media terkini, khususnya digital.

HAI sudah rangkum nih 7 universitas keren di Indonesia yang menerapkan sistem e-learning dalam perkuliahannya.

1. Universitas Gajah Mada (UGM)

Salah satu kampus favorit di Indonesia memang sudah mengembangkan sistem e-learning nih bro yang mana memungkina lo untuk belajar secara online. Bisa banget loh untuk download bahan kuliah, tugas, bahkan diskusi via online tersebut dalam "E-Learning system for academic community".

2. Universitas Terbuka (UT)

Kampus ini pasti udah nggak asing bagi banyak orang yang tinggal di daerah, pasalnya UT memang sudah menerapkan e-learning dan banyak mahasiswanya yang jarang ke kampus. Proses belajar-mengajar dilakukan via online. Bahkan ada loh mahasiswa yang ke kampus saat bimbingan atau wisuda.

3. Universitas Indonesia (UI)

Yap, kampus berjaket kuning ini nggak mau kalah menerapkan sistem terkini pendidikan. Bagian "Computer Learning Resources" UI sendiri memang sudah mengembangkan sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Selain itu dari "Computer Mediated Learning" yang memungkinkan adanya metode pembelajaran Collaborative Learning (CL) dan Problem-based Learning (PBL). Masih ada lagi bro, yakni sistem "Student Centered E-Learning Environment" yang bikin pembalajaran via online.

BACA JUGA: Pejuang PTN Mana Suaranya?! Ini 5 Fakta Penting SBMPTN 2018 Yang Perlu Kamu Ketahui

4. Universitas Diponegoro (Undip)

Undip punya sistem e-learning dengan nama yang unik, yakni "Kul-On". Sistem ini akan membantu lo terkait penyediaan materi pembelajaran dan proses belajar-mengajar dengan waktu yang lebih fleksibel menyesuaikan mahasiswa dan dosen. Jadi, nggak harus tuh ke kampus dan tatap muka langsung di kelas offline. Cukup via online aja.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest