Follow Us

Udah Kayak Spider-Man, di Dunia Nyata Bakal Ada Antivenom yang Dibuat dari Laba-laba Paling Mematikan

Alvin Bahar - Rabu, 07 Maret 2018 | 02:00
Colossus
Alvin Bahar

Colossus

HAI-ONLINE.COM - Dalam cerita Spider-Man, Peter Parker digigit laba-laba radioaktif sehingga ia memiliki kekuatan super. Nah, di dunia nyata bakal ada hal serupa juga nih. Soalnya, bakal ada antivenom yang dibuat dari laba-laba paling mematikan sedunia.

Ceritanya berawal ketika The Australian Reptile Park berhasil membuahkan laba-laba jantan raksasa. Nggak hanya jadi yang paling beracun di Australia, tapi juga seluruh dunia.

Laba-laba ini sangat besar sehingga tim Reptile Park memberikan nama Colossus (kayak nama karakter Marvel juga nih). Jaring corongnya sangat berbahaya. Racun laba-laba ini bisa membunuh manusia dewasa dengan mudah.

Antivenom

Racunnya yang mematikan ternyata sangat berharga -- digunakan para peneliti untuk membuat antivenom. Itulah sebabnya, daripada dibunuh, Colossus dibawa ke Australian Reptile Park, tempat ‘pemerahan’ racun di Australia.

Para peneliti mengekstrak racun laba-laba tanpa membunuhnya. Racun-racun tersebut lalu dikirim ke laboratorium untuk memproduksi antivenom.

Cek: Spider-Man Bakal Muncul di Film Venom?

Laba-laba corong ini berbahaya bagi primata dan serangga. Ini merupakan evolusi unik yang kurang menguntungkan. Sebab, primata sebenarnya bukan mangsa utamanya. Meskipun begitu, ia bisa dieksploitasi untuk menciptakan antivenom.

Kelinci, yang nggak terpengaruh oleh gigitan laba-laba, diinjeksi dengan racun tersebut. Sistem kekebalan tubuhnya lalu memproduksi antibodi tanpa membahayakan nyawa kelinci.

Selanjutnya, antibodi tersebut ‘dipanen’ untuk menciptakan antivenom yang menetralkan racun laba-laba pada manusia yang tergigit. Januari dan Februari merupakan waktu puncak untuk bertemu laba-laba corong saat ia sedang berkeliaran mencari pasangan. Mereka terkadang bersembunyi di tempat tinggal manusia. Terutama pada lokasi yang lembap dan dingin. Misalnya, sepatu, tempat menjemur pakaian dan tumpukan kayu bakar.

Jangan-jangan, nanti malah ada Spider-Man beneran?

Artikel ini pertama kali tayang di National Geographic Indonesia dengan judul "Pembuatan Antivenom dari Laba-laba Raksasa Paling Beracun di Dunia"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest