Follow Us

Ini Kebiasaan Kaki yang Salah Saat Nyetir. Para Newbie Patut Tahu!

- Rabu, 02 Mei 2018 | 13:15
Ini Kebiasaan Nyetir yang salah
Hai Online

Ini Kebiasaan Nyetir yang salah

HAI-Online.com - Mobil dengan transmisi manual, biasanya punya tiga pedal. Antara lain kopil, rem, dan gas. Ngomongin soal penggunaan tiga pedal ini, ada kebiasaan buruk yang sering dilakukan para pengendara mobil pemula. Yakni, naruh kaki kiri di atas pedal kopling.

Trainer dari Indonesia Safety Driving Center (ISDC) Norman Syam bilang, kebiasaan kaki kiri di atas kopling merupakan kebiasaan yang salah. Karena kebiasaan ini bisa bikin kita lebih reflek menginjak kopling daripada rem.

Padahal ketika kopling diinjak, mobil nggak berkurang kecepatannya. Menginjak kopling malah bikin mobil meluncur ke depan. Sedangkan yang dibutuhkan saat kondisi seperti ini adalah menurunkan gas sembari menginjak rem lebih dulu.

CEK JUGA NIH: Ini 7 Peralatan yang Harus Dibawa ketika Riding Vespa Klasik

"Kalau kaki kiri di atas kopling, pada saat kaget atau mau berhenti yang diinjak kopling dulu, bukan rem," kata Norman dilansir dari Kompas.com.

Kalo lagi berkendara, kaki kiri nggak harus selalu di atas pedal kopling. Sebaiknya letakkan kaki kiri di bagian foot rest. Norman juga sadar, nih, kalo kebiasaan menaruh kaki di atas pedal kopling adalah bentuk kesiapsiagaan mencegah mobil mati mendadak saat berkendara.

Tapi kalo udah paham sama kondisi mobil seharusnya kebiasaan ini nggak perlu. Biar tahu dan paham soal kondisi mobil, sebaiknya cek dulu kondisi kendaraan sebelum berangkat ke tempat tujuan. Caranya, dengan maju mundur (nggak pake cantik tapi, hehehe) beberapa meter aja.

"Biasanya butuh waktu 10 menit untuk benar-benar tahu kondisi mobil," ujar Norman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kebiasaan Kaki yang Salah saat Mengemudi, Biasanya Sopir Pemula"

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest