Follow Us

Menurut WHO, Kecanduan Games Adalah Gangguan Mental. Kok Bisa?

Rizki Ramadan - Selasa, 20 Februari 2018 | 08:00
Video games bisa jadi terapi gangguan otak seperti disleksia
Rizki Ramadan

Video games bisa jadi terapi gangguan otak seperti disleksia

HAI-online.com - Apakah lo seorang gamers yang bisa ngehabisin waktu lebih dari setengah hari di depan konsol? Wah, berarti lo bisa disebut kecanduan games tuh.

Nah, ada fakta menarik, nih. Dilansir dari Kompas.com, Badan Kesehatan Dunia (WHO) kini menggolongkan kecanduan main game sebagai gangguan mental. Waduh!

Badan Kesehatan Dunia (WHO) berencana menerbitkan buku panduan International Classification of Diseases (ICD-11) pada tahun 2018 ini dengan memasukkan kecanduan main game sebagai salah satu kategori gangguan jiwa baru, disebut sebagai gaming disorder (GD).

Gaming disorder diusulkan untuk dimasukkan di bawah kategori besar “Gangguan mental, perilaku, dan perkembangan saraf”, khususnya di bawah subkategori “Gangguan penyalahgunaan zat atau perilaku adiktif.”

Ini berarti pakar kesehatan di seluruh dunia menyetujui bahwa kecanduan main game dapat memiliki dampak yang menyerupai kecanduan alkohol atau obat-obatan terlarang.

Usulan ini dibuat karena melihat adanya bukti peningkatan pesat dalam kasus kecanduan game dari berbagai belahan dunia, yang juga disertai dengan permintaan rujukan terapi pengobatan di dokter.

Apa yang dimaksud dengan kecanduan main game (gaming disorder)?

Kecanduan main game ditandai dengan ketidakmampuan diri untuk mengendalikan hasrat bermain, sehingga susah dan/atau tidak mampu untuk menghentikan perilaku tersebut — terlepas dari segala upaya yang dilakukan untuk menghentikannya.

Tanda dan gejala klasik dari kecanduan game adalah:

Selalu menghabiskan waktu yang lama untuk bermain, bahkan durasinya makin meningkat dari hari ke hari. Merasa mudah marah dan tersinggung saat dilarang atau diminta berhenti bermain game.

Selalu berpikir tentang game tersebut ketika sedang mengerjakan aktivitas lainnya. Hilangnya kendali diri ini membuat pecandu game cenderung menomorsatukan gaming dalam hidupnya sehingga akan melakukan berbagai cara untuk dapat menuntaskan hasrat akan candunya, tak peduli atas konsekuensi dan risikonya.

Apa yang menyebabkan seseorang kecanduan game?

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest