Follow Us

Bukan Karena Adem, Ini Penyebab Hujan Bisa Bikin Kita Ngantuk!

Alvin Bahar - Jumat, 16 Februari 2018 | 01:30
Hujan Siang Hari
Alvin Bahar

Hujan Siang Hari

HAI-ONLINE.COM - Pernahkah kamu merasa mengantuk ketika mendengar suara air, seperti rintik-rintik hujan atau deburan ombak? Kalo jawabannya ya, kamu nggak perlu khawatir.

Hal ini rupanya terjadi pada semua orang, dan menurut sains, penyebabnya adalah cara otak menafsirkan suara yang didengar.

"Suara-suara yang lamban dan teratur adalah jenis suara yang nggak mengancam. Itulah mengapa jenis suara seperti ini menenangkan," kata Orfeu Buxton, profesor kesehatan biobehavioral dari Universitas Pennsylvania, seperti dilansir dari Live Science, rabu (9/11/2017).

Bandingkan suara ombak dan hujan dengan suara alarm atau dering telepon. Kedua suara tersebut justru menimbulkan kekhawatiran, dan bila terdengar pada malam hari bisa membuat kamu susah tidur.

Walau begitu, Buxton berkata bahwa ada yang lebih penting dari volume suara, yakni bagaimana karakter suara dapat memicu sistem kewaspadaan yang membuat otak mengantuk.

"Jenis kebisingan suara menentukan apakah kamu akan terbangun atau nggak, karena tergantung tingkatannya, suara akan diproses berbeda oleh otak," ujar Buxton.

Dalam sebuah penelitian yang dilaksanakan di lingkungan rumah sakit, Buxton mencatat bahwa kemungkinan alarm rumah sakit yang bervolume rendah (sekitar 40 desibel) untuk membangunkan peserta penelitian dari tidur dangkal mencapai 90 persen. Suara alarm bahkan bisa memangkas waktu tidur peserta hingga separuh.

Sebaliknya, suara helikopter dan lalu lintas yang mencapai 70 desibel nggak membangunkan peserta seperti suara alarm, dering telepon, atau bahkan percakapan di tempat sepi.

Hal ini, kata Buxton, menunjukkan bahwa manusia telah terprogam secara biologis untuk menanggapi suara yang terdengar tiba-tiba.

"Kita memang mamalia, tapi secara spesifik cenderung primata. Primata otomatis akan memperingatkan kelompoknya kalo mendengar ancaman. Atau dalam kasus manusia primitif yang hidup berkelompok di alam liar, akan berteriak kalo ada anggotanya yang diterkam," kata Buxon.

Cek: 5 Lagu Romantis yang Pasti Masuk Mixtape Dilan untuk Milea

Alasan yang sama juga dapat digunakan untuk menjelaskan efek alarm dan suara ombak bagi otak. Bila suara alarm muncul tiba-tiba di tengah keheningan, suara ombak yang mungkin sama kerasnya memiliki interval yang teratur dan perubahan intensitas yang halus.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest