Follow Us

Begini Tampilan Kota DKI Jakarta Pada Tahun 1941, Masih Sepi!

Fadli Adzani - Rabu, 14 Februari 2018 | 03:15
Jakarta Tempo Doeloe
Fadli Adzani

Jakarta Tempo Doeloe

HAI-ONLINE.COM - DKI Jakarta dikenal sebagai salah satu kota paling ramai dan padat yang ada di dunia ini. Nggak heran, kemacetan dimana-mana, apalagi jam berangkat dan pulang kerja, ditambah lagi hujan.

Namun siapa sangka, dulu, pada tahun 1941, kota Jakarta terlihat sangat tertata rapih ketika masyarakatnya belum seramai sekarang.

Jadi ceritanya, seorang netizen bernama Sven Verbeek Wolthuys mengunggah video singkat 'Jakarta 1941' di media sosial Facebook.

CEK JUGA: Menurut Studi, Ini 16 Lagu yang Diputar Masyarakat Dunia Ketika Jatuh Cinta Hingga Patah Hati

Video yang berdurasi 10 menit 40 detik tersebut mendiskripsikan kondisi Jakarta tempo dulu.

Berikut caption yang diberikan akun Sven Verbeek Wolthuys pada postingan tersebut.

'Bergabunglah dengan saya dalam perjalanan warna-warni ke jakarta tahun 1941. Nikmati rekaman berwarna langka, menyerap suara dan suasana 77 tahun yang lalu, dengarkan beberapa siaran radio asli asli, kenali bangunan yang masih ada di jakarta hari ini, Dan Mengagumi Beberapa Landmark Batavia yang indah yang telah sedih telah dihancurkan sejak saat itu. Selamat jalan!'

Di awali peta Indonesia dan mulai berfokus pada kota yang dulu bernama Batavia, video tersebut memperlihatkan suasana Jakarta yang masih sepi.

Video yang diunggah pada Rabu, (7/2/2018) itu terlihat beberapa transportasi lawas, misalnya delman, bemo, dan juga becak.

Backsound yang digunakan sangat alami untuk menunjukkan suasana setiap sudut kota Jakarta.

Menggunakan bahasa zaman dahulu, video tersebut menerangkan tempat-tempat yang ada.

Bahkan dalam video singkat itu memperlihatkan kegiatan masyarakat Jakarta yang masih menggunakan sungai untuk kegiatan sehari-hari mereka.

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

Latest