Follow Us

Terungkap. Ini Dia Fungsi Cermin yang Ada di Dalam Lift.

Rizki Ramadan - Sabtu, 10 Februari 2018 | 05:30
cermin dalam lift
Rizki Ramadan

cermin dalam lift

HAI-ONLINE.COM- Pernah naik lift? Pastinya pernah dong.Sekarang, hampir di semua atau mungkin semua bangunan yang memiliki lantai lebih dari dua sudah menggunakan lift kecuali sekolah. Pas lagi masuk ke dalam lift, pasti lihat kan ada cermin di sekeliling kita? Nah, ternyata itu dibuat ada alasannya loh, guys.

Melamun dan Ketakutan

Saat awal-awal ditemukannya lift, orang yang berada di dalam lift akan bengong dan melamun tanpa melihat apapun. Apalagi jika lantai yang mereka tuju masih jauh di atas.

Banyak juga yang merasa ketakutan dan membayangkan jatuh dari lift yang menggantung di udara, nggak disokong apapun selain kabel.

Mereka yang menaiki lift juga mengeluh dan menganggap kecepatan lift sangat lamban. Padahal semua itu hanya perasaan mereka saja. Keadaan tersebut merupakan efek saat berada di ruangan kecil tanpa melakukan kegiatan apapun di dalamnya.

Cermin Mengurangi Rasa Takut

Sebab itu, pembuat lift pun kemudian memikirkan efek piskologis penumpang selama berada di dalam lift. Untuk mengurangi ketakutan, maka dipasanglah cermin di dalamnya.

Tujuannya adalah untuk mengalihkan perhatian orang yang di dalam lift dari pikiran yang tidak-tidak.

Selain itu, cermin itu juga berfungsi untuk membuat penumpang liftnya bisa melakukan sedikit kegiatan lain. Seperti merapikan diri atau menata rambut.

Bagi penderita mereka yang memiliki ketakutan saat berada di ruang tertutup (claustrophobia), cermin di dalam lift juga sangat berguna untuk mengurangi rasa takut mereka.

Namun, kini lift didesain dengan berbagai suasana untuk membuat orang yang di dalamnya tidak merasa bosan. Apakah itu lift yang transparan, di lengkapi dengan poster-poster atau iklan, dan hal lain yang bisa mengalihkan pikiran penumpangnya.

(Artikel ini pertama kali tayang di bobo.grid.id dengan judul Mengapa di Dalam Lift Biasanya Terdapat Cermin?)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest