Follow Us

Ini Dia Batas Aman Genangan Banjir yang Bisa Dilewati Motor

- Rabu, 07 Februari 2018 | 11:15
Jangan Sembarangan Libas Banjir
Hai Online

Jangan Sembarangan Libas Banjir

HAI-Online.com – Kalo lagi musim hujan kaya gini, buat kita yang anak motor emang kudu nambah kesabaran. Yap, keujanan dan kejebak banjir adalah dua hal yang minimal pasti harus siap diterima oleh anak motor di musim hujan.

Salah satu dampak yang sering timbul saat musim hujan adalah banyaknya jalan-jalan yang tergenang. Dalam kondisi tertentu, ada ketinggian genangan air yang masih ditolerir untuk kita libas sebagai pengendara motor.

UDAH TAU BELUM? Ini Fungsi Penting AC Mobil ketika Kita Nyetir saat Hujan

Nah, ada informasi yang HAI kutip dari Kompas.com, menurut Kepala Bengkel AHASS Murni Pura Mas Depok, Mas Memet Saputra bilang, genangan masih aman dilibas sepanjang permukaannya masih di bawah knalpot. Karena acuannya ketinggian knalpot, maka ukuran aman di tiap jenis motor berbeda-beda.

Motor sport yang rodanya berukuran ring 17 atau 18 inci dinilai lebih aman melibas genangan hingga ketinggian maksimal 20 sentimeter, dibanding skutik yang ukuran rodanya rata-rata hanya 14 inci.

"Selama masih di bawah knalpot atau semata kaki, tidak masalah untuk dilewati," kata Mas Memet, saat ditemui Kompas.com, Selasa (6/2).

Saat melibas genangan, Memet menyarankan pengguna motor untuk mempertahankan Rpm di putaran tinggi. Tujuannya menghindari potensi air masuk ke ruang mesin. Sebab walaupun permukaan air masih di bawah knalpot, potensi air masuk bisa muncul dari riak gelombang yang ditimbulkan kendaraan lain.

"Tapi yang terpenting jangan memaksa lewat kalau ketinggiannya sudah sedengkul. Sebaiknya cari jalan lain," ucap Mas Memet.

Artikel ini pertama kali ditayangkan di Kompas.com, dengan judul artikel Ketinggian Genangan yang Aman Dilibas Sepeda Motor

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest