Follow Us

Ini Dia Foto Selfie Robot Curiosity di Mars

Alvin Bahar - Selasa, 06 Februari 2018 | 07:15
Foto selfie yang diambil Curiosity di punggung bukit Vera Rubin.
Alvin Bahar

Foto selfie yang diambil Curiosity di punggung bukit Vera Rubin.

HAI-ONLINE.COM - Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA baru saja membagikan hasil foto selfie yang diambil oleh robot Curiosity di Mars.

Foto tersebut diambil pada 23 Januari 2018 di punggung bukit Vera Rubin dengan latar belakang Gunung Sharp. “Kaki gunung ini memberikan akses untuk lapisan-lapisan yang terbentuk selama jutaan tahun. Lapisan-lapisan ini terbentuk oleh air – kemungkinan karena danau yang ada di kaki gunung, yang duduk di kawah Gale,” kata JPL.

Cek deh: Alat Doraemon Bakal Jadi Kenyataan Karena NASA Lagi Ngembangin Mesin Waktu

Menurut JPL, Curiosity menggunakan Mars Hands Lens Imager (MAHLI) untuk mengambil foto tersebut dalam bentuk mozaik. Kamera tersebut dioperasikan menggunakan gerakan pergelangan dan rotasi turret pada lengan Curiosity.

“Lengannya diposisikan di luar foto, atau sebagian foto, yang digunakan dalam mozaik ini,” tulis NASA dalam laman resminya.

Selain foto selfie tersebut, NASA juga membagikan foto panorama yang diambil oleh Curiosity dari punggung bukit Vera Rubin tiga bulan lalu. Foto tersebut menggambarkan perjalanan Curiosity sejauh 17 kilometer sejak mendarat di kawah Gale pada 2012.

“Walaupun Curiosity terus memanjat selama lima tahun, ini adalah kali pertama kita bisa melihat ke belakang dan memandang seluruh misi yang terhampar di bawah kita,” kata Ashwin Vasavada, Ilmuwan Proyek Curiosity di JPL.

Dia melanjutkan, dari punggung bukit Vera Rubin, hamparan lantai kawah yang luas berlanjut ke pengunungan yang membentuk pinggiran utara dari Kawah Gale.

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul "Robot Curiosity Foto “Selfie” di Mars, Ini Hasilnya"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest