Follow Us

Wah, Ternyata Ini 5 Fakta tentang Tertawa yang Perlu Diketahui

- Selasa, 06 Februari 2018 | 14:00
5 Fakta Unik Manfaat soal Tertawa
Hai Online

5 Fakta Unik Manfaat soal Tertawa

HAI-Online.com - Di dunia ini siapa coba yang nggak suka tertawa? Dengan ketawa, mood menjadi lebih baik dan punya manfaat kesehatan. Ternyata ketawa punya segudang manfaat, lho, selain buat kesehatan. Penasaran?

WAJIB TAU NIH: 5 Hal Penting untuk Kalian yang Ingin jadi Influencer dan YouTuber

Dilansir dari Kompas.com, ini 5 fakta unik dari tertawa yang perlu kita tahu.

1. Tertawa bisa terjadi padahal nggak ada hal yang lucu

Robert Provine, seorang psikolog dari University of Maryland nemuin bukti kalau manusia bisa tertawa saat mereka lagi basa-basi dengan temannya, bukan karena ada banyolan yang dilontarkan.

Robert juga bilang, nih, kalau 30 kali lebih mungkin menertawakan sesuatu kalau lagi bareng temen daripada ketika sendirian.

Tertawa juga bermanfaat mempererat ikatan satu sama lain atau dalam kelompok. Apalagi sama gebetan. Hehe. Manusia sering ketawa pada kata-kata dan komentar lawan bicara yang mungkin nggak selalu lucu. Dari situ bisa dilihat, ketawa juga bisa jadi bentuk komunikasi, nggak cuma reaksi.

2. Pasangan yang lebih sering ketawa bareng bakal lebih langgeng

Robert Levinson, profesor psikologi di University of California Berkeley, ngundang beberapa pasangan ke laboratoriumnya. Ia meminta masing-masing pasangan ngobrolin sesuatu yang membuat mereka kesal tentang pasangannya.

Hasilnya pasangan yang bisa ngobrolin hal itu sambil ketawa dan senyum bisa ngelepasin emosi lebih baik. Dengan ketawa mereka juga ngerasain hubungan yang lebih memuaskan dan hubungan asmaranya lebih langgeng.

3. Tertawa itu "nular" Pernah nggak sih ketawa gara-gara lihat orang lain ketawa? Hehehe, tenang. Itu normal, kok. Pasalnya, otak kita bisa merespon orang tertawa dengan ngikutin ekspresi yang sama tanpa ada perintah disuruh niruin. Maka nggak jarang, kita ikutan nyengir.

4. Tertawa bisa membakar kalori Pernah denger temuan kalau tertawa bisa membakar kalori. Itu emang bener, lho. Dengan ketawa 10-15, 40 kalori tubuh kita terbakar gitu aja. Menurut sebuah studi dari Vanderbilt University, saat tertawa bakal terjadi peningkatan denyut jantung dan penggunaan oksigen yang lebih gede.

Source : Kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest