Follow Us

Ini Dia 8 Ciri Orang Kreatif, Lo Salah Satunya?

- Rabu, 04 April 2018 | 14:30
Ini 8 Tanda Lo Orang Kreatif
Hai Online

Ini 8 Tanda Lo Orang Kreatif

HAI-Online.com - Banyak orang beranggapan kalau kreatif itu turunan. Artinya, kalau lo orang yang kreatif, pasti lo dari keturunan orang kreatif juga. Padahal anggapan itu salah besar, guys. Kreativitas adalah sesuatu yang bisa diasah. Nah, dilansir dari Kompas.com, ada 8 ciri-ciri orang kreatif.

Pertama, orang kreatif punya curioussity atau rasa ingin tahu dan courage atau keberanian. Mereka yang kreatif punya kemampuan berekplorasi dan merasa nggak betah di zona nyaman.

"Bukan karena takut, tapi mereka merasa bisa mengetahui dan mendapatkan sesuatu yang lebih," ujar Branding Consultant Uti Rahardjo.

UDAH TAU BELUM? Harus Tau! Ini Dia Profesi yang Lagi Dibutuhkan di Indonesia Sekarang

Kedua, punya resilience atau ketahanan. Mereka yang kreatif nggak takut ngadepin masalah. Kecewa sih boleh, namun mereka tetap bakalan nyoba nemuin jalan keluarnya.

Ketiga, energi. Orang-orang yang kreatif bisa mengoptimalkan energi buat tetap fokus dan menyelesaikan sesuatu.

Keempat, agility atau kelincahan dan keluwesan.

"Bergerak sigap tapi tidak panik. Cepat tapi tetap berhitung. Ketahuan kok orang yang punya kreativitas sama enggak. (Yang tidak punya) kayak lembek, malas dan tidak punya inisiatif," tuturnya.

Kelima, transcendent atau bisa berpikir melampaui batasan. Meski tahu ada limit, tapi mereka yang kreatif bisa ngelihat ada sesuatu di baliknya yang bisa diungkap dan dibagikan.

Keenam, punya imagination. "Imagination rules the world. Memiliki imajinasi berarti kita berpikir suatu saat akan sampai ke suatu titik. Ada kepercayaan diri di situ."

Ketujuh, punya vision. Vision di sini bukan temennya Iron Man (halah!) tapi visi. Seseorang yang kreatif, kata Uti, punya visi jangka panjang.

Cara ngetesnya gampang kok. Tanyain aja temen lo kalau punya duit 5 Miliyar bakal ngapain. Kalau jawabannya cuma beli rumah yang besar, berarti doi cuma punya cita-cita buat dirinya sendiri. Poin terakhir, yakni emphaty. Misalnya kalau bikin bisnis, seseorang memahami betul apa yang dibutuhkan banyak orang kalo lagi jalanin bisnisnya.

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest