Follow Us

Di Jepang, Penyiar Televisi Diganti dengan Robot

Alvin Bahar - Jumat, 02 Februari 2018 | 04:15
Robot Erica
Alvin Bahar

Robot Erica

HAI-ONLINE.COM – Pada musim semi tahun ini, ada suasana baru pada saluran televisi di Jepang. Kalo biasanya yang membawa acara dalam sebuah siaran televisi adalah manusia, nah, siaran televisi di Jepang dibawakan oleh sebuah robot berwajah manusia!

Robot Penyiar Berita?

Nama robot itu adalah Erica, yang diciptakan pada 2014 lalu. Robot itu akan mencoba pengalaman pertamanya sebagai penyiar berita. Hanya saja, belum diketahui stasiun televisi mana yang akan digunakan Erica untuk menunjukkan bakatnya. Begitu juga dengan tugas-tugasnya sebagai pembawa acara belum diketahui secara pasti.

Meskipun begitu, Pak Hiroshi Ishiguro, yaitu pembuat Erica sekaligus direktur Intelligent Robotics Laboratory di Osaka University mengatakan, robot ini akan menggunakan kecerdasan buatan untuk membaca berita. Nantinya akan dipasangkan dengan manusia.

“Kami akan mengganti salah satu penyiar dengan android,” ujar Pak Ishiguro. Sejak 2014, Ishiguro sudah berupaya agar kreasinya ini bisa tampil di layar kaca.

Robot yang Hangat dan Perhatian

Menurut Pak Ishiguro, Erica adalah robot yang ramah dan perhatian. Erica juga merupakan robot yang realistis, sehingga tampak seperti ‘memiliki jiwa’. Erica juga memiliki ‘kesadaran mandiri’.

“Dia adalah android paling mirip dengan manusia dan tercantik di dunia,” kata Pak Ishiguro.

Erica memang nggak bisa menggerakkan tangan atau kakinya. Namun, ia tahu dari mana suara berasal dan dengan siapa ia berbicara.

Erica juga bisa melacak manusia ketika mereka memasuki ruangan, lho.

Cek deh: 6 Band yang Berhasil Menjadi Luar Biasa Sejak Muda Dari Berbagai Dekade

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest