Follow Us

Konser The xx di Jakarta: Suguhan Aksi Magis yang Menyulap Kemayoran!

Alvin Bahar - Rabu, 24 Januari 2018 | 07:30
The xx
Alvin Bahar

The xx

HAI-ONLINE.COM - Mungkin, The xx bisa juga disebut sebagai pesulap. JIExpo Kemayoran, Selasa (23/1) malam tiba-tiba sesak sesaat setelah The xx naik panggung. Padahal, saat Kimokal dan Elephant Kind manggung sebagai pembuka, suasana cukup lengang.

Yap, kelihatan banget banyak yang hanya ingin menonton The xx saja malam itu. Konsekuensinya, muncul antrian panjang karena banyak orang yang tiba-tiba ingin masuk ke venue. Kalo yang udah masuk duluan sih santai, meski nunggu The xx pentas emang lumayan lama banget.

Tapi seperti yang HAI bilang di paragraf awal, The xx ini emang pesulap. Lelahnya ngantri, nunggu acara mulai sambil hujan-hujanan, atau jauhnya perjalanan ke venue, langsung hilang begitu saja saat The xx bawain lagu pertamanya, Intro.

Nggak henti-henti juga penonton nyanyi ngikutin lirik-lirik yang dilantunkan Romy (gitar, vokal) dan Oliver (bass, vokal), dua personel The xx. Oh iya, dua orang ini sifatnya beda banget. Kalo Romy terlihat malu-malu dan jarang sekali berbicara, Oliver malah rajin banget beraksi, gerak ke sana-sini, dan ngajak audiens ngobrol.

“Ini pertama kalinya kami ke Indonesia, maaf telah membuat menunggu sangat lama,” kata Oliver.

Kalo Romy dan Oliver terlihat sangat berseberangan, si Jamie (beatmaker, DJ, sampling, almost everything) justru terlihat paling cool. Dengan kalemnya, doi berpindah dari satu alat ke alat yang lain, memastikan nada-nada lagu nggak meleset.

Yap, kalo The xx adalah grup pesulap, mungkin si Jamie ini punya skill yang paling tinggi. Nggak cuma ngatur sampling, suara ambience, atau sound keyboard, Jamie juga manusia paling bertanggung jawab pada bbeat-beat band yang telah merilis 3 album itu. Nonton doi mainin alat-alatnya yang segambreng, yang udah kayak “kerajaan” sendiri, sangat menyenangkan.

Namun bukan berarti Oliver dan Romy nggak punya peran lho. Tanpa doi, nggak ada tuh melody-melody indah di lagu-lagu The xx. Pentingnya lagi, vokal dua orang yang sama-sama ngaku LGBT ini emang menawan abis.

Meski nggak ada encore, terlihat wajah puas dari para penonton yang hadir. The xx emang nggak cuma bawain lagu-lagunya secara live, tapi ngasih experience dengan seabreg visual yang bikin mata nggak ngedip.

Datang lagi tahun depan, ya!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest