Follow Us

Ternyata Ini Dia Penyebab Kita Sering Merasa Lapar di Malam Hari

- Kamis, 26 April 2018 | 14:30
Moek Bang, Profesi Di Korea Yang Kerjaannya Cuma Makan Tapi Digaji Besar!
Hai Online

Moek Bang, Profesi Di Korea Yang Kerjaannya Cuma Makan Tapi Digaji Besar!

HAI-Online.com - Suka 'ngidam' mie instan, bakso, atau pizza di malam hari? Atau martabak? Ya intinya tengah malam dilanda lapar. Pernah? Ternyata level hormon lapar manusia emang sering meningkat di malam hari. Ini yang bikin perut sering 'nge-band' di malam hari. Hehe.

Sebuah penelitian Journal of Obesity menyelidiki gimana malam hari bisa ngaruh ke kecenderungan seseorang buat makan berlebihan. Termasuk juga pengaruh kondisi mental seseorang terhadap hormon lapar.

UDAH TAU BELUM? 5 Manfaat Diet Nasi atau Roti. Cowok Buncit Mesti Baca Nomor 3.

Para peneliti dari John Hopkins Medicine bikin eksperimen dengan melibatkan 19 pria dan 13 wanita kegemukan. Peserta dalam riset tersebut berusia antara 18 dan 50 tahun. Setiap peserta diminta puasa selama 8 jam, sebelum menerima makanan cair yang mengandung 608 kalori pada pukul 9 pagi atau pukul 4 sore.

Abis itu sampel darah mereka diambil buat diteliti hormon stres dan tingkat rasa lapar mereka. Lalu, para peserta disajikan makanan di mana mereka dapat mengambil sendiri makanan tersebut sesuai dengan porsi yang diinginkan.

Para peneliti menyimpulkan kalau orang memiliki nafsu makan yang tinggi karena hormon yang memicu rasa lapar meningkat pas malam hari. Hmmm, pantesan aja!

"Temuan kami menunjukkan bahwa malam adalah waktu berisiko tinggi untuk makan berlebihan, terutama jika Anda stres dan gampang tergoda makanan," kata Sarah Carnell, Ph.D., asisten profesor dalam bidang psikiatri dan perilaku dari Johns Hopkins University of Medicine.

"Kabar baiknya adalah bahwa dengan pengetahuan ini, orang bisa mengambil langkah untuk mengurangi risiko makan berlebihan dengan makan malam lebih awal, atau menemukan cara alternatif untuk mengatasi stres," tambahnya.

Data Riset Kesehatan Nasional (Riskesnas) tahun 2016 nunjukin penduduk Indonesia berusia diatas 18 tahun yang mengalami kegemukan atau obesitas mencapai prosetase sebesar 20,7 persen karena makan berlebihan di malam hari.

Angka itu menunjukkan peningkatan pesat dari tahun 2013 ketika penduduk yang kegemukan mencapai 15,4 persen.

Hehe, coba ya, guys. Dikontrol makannya. Tahan lapar sampe besok paginya juga harus dicoba demi kesehatan dan investasi tubuh buat masa depan.

Artikel ini pertama kali ditayangkan di Kompas.com, dengan judul artikel Mengapa Kita Sering Lapar Saat Malam Hari?

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest