Follow Us

Dari Es Kita Bisa Bikin Alat Musik, Lho. Musisi Norwegia Ini Sudah Membuktikannya.

Rizki Ramadan - Selasa, 16 Januari 2018 | 06:45
Terje Isungset memainkan alat-alat musik dari es di pada Jamuan Makan Nobel di Balai Kota Stockholm, Swedia. (Sumber National Geographic Indonesia)
Rizki Ramadan

Terje Isungset memainkan alat-alat musik dari es di pada Jamuan Makan Nobel di Balai Kota Stockholm, Swedia. (Sumber National Geographic Indonesia)

HAI-online.com - Kalau kita berpikir bahwa es hanya menjadi bahan pelengkap saat kita ingin meminum sesuatu yang dingin, maka lain halnya dengan musisi asal Norwegia ini. Yap, Terje Isungset mengubah es menjadi sebuah alat musik yang dapat dimainkan. Antara lain terompet-terompet es, drum es, dan "icefone"atau gambang dari es, dengan diiringi oleh lantunan suara Maria Skranes.

Dia menganggap pekerjaannya lebih dari sekedar membuat musik karena dia ingin memperlihatkan keindahan dan kerapuhan es.

"Saya melihatnya sebagai sesuatu yang lebih besar. Bukan saya dan proyek saya dan ego saya. Tapi elemen-elemenya," kata Isungset kepada Reuters.

BACA JUGA: Yakin Ganti Knalpot Bisa Bikin Motor Makin Kencang? Coba Baca Faktanya Berikut Ini

Pemusik Norwegia, yang juga memiliki latar belakang musik Skandinavia dan jazz, membuat instrument musik menggunakan gergaji mesin dan kapak es. Pendiri festival musik di Norwegia ini, Isungset bermain di sekitar 50 festival dan konser setiap tahunnya, yang diselenggarakan di tempat-termpat bersuhu dingin, seperti Norwegia, Kanada atau Rusia.

Bermain musin di suhu yang lebih hangat, bisa menimbulkan kesulitan karena berada di dalam suhu ruangan lebih dari 50 menit saja bisa merusak instrumen-instrumen musik.

Seluruh peralatan yang digunakan untuk pertunjukkan di London, dibuat di Norwegia dan dikirim dalam kotak khusus. Dan ini semakin memperlihatkan bahwa untuk membuat alat musik dari es tidak bisa menggunakan sembarang air.

"Air yang sudah terpolusi tidak menghasilkan bunyi yang bagus. Bila menggunakan air keran juga tidak bisa karena air keran mengandung bahan kimia," kata dia. Es yang paling bagus adalah es dari 2003 di utara Swedia, kata dia, sambil menambahkan "Saya tertarik sekali pada es itu." Gimana nih, guys, apakah kamu ingin mencoba alat musik tersebut?

Source : nationalgeographic.co.id

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest