Follow Us

Menurut Penelitian, Inilah 5 Syarat Pekerjaan yang Disukai Millenial, Bener Nggak?

Alvin Bahar - Rabu, 10 Januari 2018 | 09:00
Interview kerja
Alvin Bahar

Interview kerja

HAI-ONLINE.COM - Diperkirakan, sebanyak 81 juta penduduk Indonesia adalah generasi millennial yang lahir di antara tahun 1980 sampai dengan tahun 2000. Bagi kamu para millennial atau yang bekerja dengan para millennial, tren bekerja mereka amat berbeda dari generasi sebelumnya. Sangatlah penting untuk memahami kepribadian, cara pandang dan karakter mereka, agar kerjasama tim dapat berjalan dengan lancar.

Lalu seperti apa karakter mereka dalam bekerja dan pekerjaan seperti apa yang sering mereka cari? Berikut adalah beberapa kriterianya:

Cek deh: 5 Karakter Anime Ini Namanya Berubah di Negara Lain

● Misi perusahaan sesuai dengan nilai yang mereka junjung

Kesadaran lingkungan dan sosial mendorong kaum milenial untuk peduli terhadap sesama. Ini juga berlaku ketika mereka memilih perusahaan tempat mereka bekerja. Sebuah riset oleh American Express mengatakan bahwa kaum millennial menilai penting kalo nilai-nilai perusahaan tempat mereka bekerja sesuai dengan nilai-nilai yang mereka percaya. Ketika misi perusahaan sesuai dengan nilai-nilai kehidupan yang mereka junjung, maka kaum millennial akan lebih nyaman dan bangga untuk bekerja di perusahaan tersebut.

● Jadi bos bagi diri sendiri

Generasi millennial mempunyai jiwa wiraswasta dan kebebasan yang tinggi. Riset dari Bentley University mengatakan bahwa generasi millennial adalah generasi wiraswasta sesungguhnya. Karena itu, mereka selalu mencari perusahaan yang mempercayai mereka nggak hanya untuk bekerja, tetapi juga memberdayakan mereka untuk mengambil keputusan dan berperan lebih bagi perusahaan.

● Bekerja dalam bidang kreatif

Kreativitas adalah salah satu atribut unggulan generasi millennial. Generasi ini adalah generasi yang kreatif dan penuh dengan ide. Sebuah penelitian dari Holmes Report menyatakan bahwa pekerjaan dalam bidang kreatif seperti desainer, blogger ataupun vlogger cocok bagi generasi milennial untuk mengeluarkan sisi kreatif yang mereka miliki.

● Pekerjaan yang memberi tantangan

Generasi millennial adalah generasi yang dapat dikatakan mudah bosan, menurut seorang konsultan dan pelatih kepribadian dari Millenials Skills Coach, Amerika Serikat, Jared Buckley. kalo mereka terus menerus mengerjakan hal yang sama, mereka akan bosan dan nggak akan betah di tempat kerja mereka. Adalah hal yang baik kalo tempat mereka bekerja secara rutin memberikan tugas-tugas baru yang menantang untuk mencegah karyawan millennial mereka dari kebosanan.

● Waktu yang Fleksibel

Kaum millennial cenderung memilih pekerjaan yang nggak mengikat. Mereka lebih senang memiliki pekerjaan dengan jadwal yang fleksibel yang dapat mereka atur sendiri. Berdasarkan riset yang diadakan oleh Bentley university, 77 persen millenial percaya bahwa dengan jam kerja yang lebih fleksibel, mereka akan lebih produktif dalam bekerja.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest