Follow Us

Seabad Lagi, Kita Bisa Tinggal di Bulan

Alvin Bahar - Selasa, 09 Januari 2018 | 05:00
Gerhana Bulan Parsial
Alvin Bahar

Gerhana Bulan Parsial

HAI-ONLINE.COM - Bulan merupakan satelit alami Bumi. Walaupun bukan sebuah planet, para astronom memperkirakan kalau Bulan ternyata bisa dihuni oleh manusia di masa depan, lho. Kok bisa?

Cek deh: Asteroid Menyeramkan Ini akan Melintasi Bumi Pada 2018

Penemuan Gua Bawah Tanah

Sekelompok peneliti Jepang dari lembaga Selenological and Engineering Exploration (SELENE) berhasil menemukan sebuah gua di bawah tanah Bulan yang diperkirakan bisa dihuni manusia.

Gua sepanjang 50 kilometer dan lebar 100 meter ini diyakini bisa jadi tempat tinggal manusia, atau senggaknya jadi tempat stasiun antariksa.

Terbentuk dari Lahar

Berdasarkan data penelitian, gua itu terbentuk dari adanya aliran lahar gunung berapi yang meletus sekitar 3,5 miliar tahun yang lalu. Gunung berapi itu bernama Marius Hills.

Karena itulah di gua ini ditemukan material es dan air yang tersimpan di dalam batuan. Tabung lahar panas yang ada di dalam gua ini juga stabil dan bisa melindungi gua dari meteorit dan radiasi.

100 Tahun Lagi

Para ilmuwan memperkirakan Bulan baru akan benar-benar bisa dihuni oleh manusia sekitar 100 tahun lagi. Seorang pemimpin penelitian ESA (Badan Antariksa Eropa) memiliki rencana akan membuat sebuah kota kecil yang dinamakan Moon Village atau Desa Bulan.

ESA sendiri pada tahun 2030 nanti akan mengirim 10 orang untuk pergi lebih dulu ke Bulan. Orang-orang ini terdiri dari ilmuwan, teknisi, dan insinyur. Pada tahun 2040 nanti, akan dikirim 100 orang tambahan.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest