Follow Us

Hiii.. Ada Makhluk-makhluk Mitos di Peta Dunia Zaman Dulu

Alvin Bahar - Jumat, 05 Januari 2018 | 07:15
Peta Dunia Jaman Renaisans Dirilis, Ini Keunikannya
Alvin Bahar

Peta Dunia Jaman Renaisans Dirilis, Ini Keunikannya

HAI-ONLINE.COM - Peta dunia versi abad pertengahan yang langka akhirnya diperlihatkan kepada publik. Peta dengan tampilan dua dimensi tersebut terdiri dari 60 halaman dengan gambar yang tak pernah kita duga.

Peta dunia versi jaman Renaisans tersebut ditemukan Pusat Peta David Rumsey pada bulan September 1587. Peta itu memiliki halaman-halaman dengan sajian visual dua dimensi serta mengajak orang melihat dunia.

Keunikan peta tersebut adalah nggak hanya gambar pulau atau benua saja, tetapi ada ilustrasi makhluk mitos seperti pegasus, kuda berkepala manusia atau centaur, putri duyung dan grifon atau binatang khayalan, di beberapa lokasi di peta.

Cek deh: Ini Dia 7 Iklan Kreatif di Gedung, Pasti Jadi Perhatian Nih

Menurut kurator dari Pusat Peta David Rumsey di Unversitas Standford, G. Salim Mohammed, hasil karya Monte adalah manuskrip kartografi. "Saya menyebutnya sebuah karya manuskrip kartografi," katanya seperti dikutip dari Livescience, pada Kamis (28/12/2017).

Proses digitalisasi peta karya Monte dimulai ketika David Rumsey Map Center memperoleh peta yang berisi tiga dokumen awal dan asli milik Monte. Peneliti menyusun halaman pada peta seperti menyusun naskah jadi buku.

Saat itu, peneliti menemukan petunjuk yang berisi keinginan Monte soal bagaimana seharusnya peta itu dilihat. Lalu, dengan memindai per halaman, para ilmuwan dapat menyusun peta digital berukuran 3x3 meter, persisi seperti apa yang diinginkan Monte.

"Idenya adalah agar bisa disatukan dan digantung di dinding dengan lubang di tengahnya, sehingga Anda bisa benar-benar melihatnya seperti cakram," kata Mohammed. Peta ini jadi peta dunia terbesar yang dibuat pada masa Renaisan.

Sementara itu, sejarawan mencatat bahwa Monte adalah seorang bangsawan kaya raya. Monte menekuni seni membuat peta atau kartografi sejak umur 41. Urbano Monte tinggal di Italia (1544-1613).

Saat berusia 35, Monte menikah dengan Margarita Niguarda yang saat itu berusia 18 tahun. Mereka dikarunia lima orang anak. Kekayaan Monte nggak mengharuskan dirinya bekerja layaknya warga biasa.

Berdasar informasi dari Pusat Peta David Eumsey, Monte menghabiskan waktunya untuk berburu buku untuk dikumpulkan di perpustakaannya yang terkenal dan belajar ilmu pengetahuan.

Salah satu pemicu Monte tertarik jadi kartografer adalah saat dirinya pertama kali berkunjung ke kedubes Jepang yang berdiri di Eropa pada tahun 1585.

Ilmu geografi Jepang lah yang menarik hati Monte dan berdasar informasi yang ada di atlas milik Monte, pada saat itu "mural peta" juga baru jadi tren dekorasi di Italia.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest