Follow Us

Yon Koeswoyo: Koes Plus Adalah Band Pertama yang Merekam Vinyl dan Kaset di Indonesia

Alvin Bahar - Jumat, 05 Januari 2018 | 06:15
Yon Koeswoyo
Alvin Bahar

Yon Koeswoyo

HAI-ONLINE.COM - Siapa yang nggak kenal Koes Plus? Dari nenek sampai remaja kayak kita, pasti tau lagu-lagunya. Hal inilah yang bikin HAI penasaran dengan kehebatan band legendaris tersebut, sampai-sampai pada 2009 silam, kami datang ke rumah sang vokalis, Om Yon Koeswoyo buat nanya-nanya soal bandnya.

Total, kami mewawancarai Om Yon selama 3 jam. Selain wawancara, kami juga diajarin main piano lagu-lagu Koes Plus, tebak lagu, dan nyanyi bareng. Pulangnya, kami dihadiahi 2 plastik gede yang berisi buah mangga!

Oleh karena itu, kami sangat sedih ketika mendengar kabar Om Yon meninggal. Dia dan kawannya di Koes Plus/Bersaudara adalah legenda musik Indonesia sebenarnya. Sedikit informasi dari sesi wawancara kami dulu, selain menggebrak di aliran musik, lirik, dan jumlah album, Koes Plus juga bikin gebrakan buat urusan rekaman.

"Kami adalah band pertama yang ngerekam lagu-lagu kami di piringan hitam. Rekaman yang bisa didengerin semua orang," kata Om Yon semangat. Everly Brothers adalah inspirasinya. Yon bersaudara pengen banget lagu mereka dikenal banyak orang dan bisa didenger terus. Itu sebabnya lewat payung Koes Bersaudara, band ini ngerekam lagu-lagunya.

Bahkan, walau sempet dipenjara Soekarno gara-gara sering nyanyiin lagu The Beatles (Soekarno nggak suka budaya asing, imperialisme, RED), nggak bikin semangat Koes Plus kedodoran bikin album.

Cek deh: Legenda Musik Indonesia, Yon Koeswoyo Meninggal Dunia

Bukan cuma piringan hitam. Begitu teknologi kaset pun masuk Indonesia, Koes Plus lah band pertama yang ngerekam di kaset.

"Harga alat buat nyetel piringan hitam kan mahal, nggak semua orang punya. penjualannya cuma tembus di angka 20 ribu. Jadi kami beralih ke kaset, biar lagu kami makin bisa dinikmati semua orang. Nah, band yang lain ngikut!" tambah Om Yon senyum-senyum.

Hasilnya? Kayak yang kita liat sekarang. Lagu-lagu band ini tetep bisa dinikmati sampe sekarang dan menginspirasi banyak orang. Hebatnya, biar dibajak banyak orang, Om Yon nggak keberatan. Menurutnya, itu salah satu hal yang bikin Koes Plus makin gede.

"Kami bermusik dari hati. Tiap personil hobi bermusik dan pengen bikin yang terbaik. Nggak ada keinginan atau ambisi buat terkenal atau punya banyak duit. Mungkin itu yang bikin lagu-lagu Koes Plus gampang masuk ke hati fans dan tetap melegenda sampe sekarang," katanya.

Selamat jalan Om Yon. Semoga semangat bermusik Om selalu hadir di hati para musisi masa kini! (Rahmat Budiman/Alvin Bahar)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest