Follow Us

5 Cara Ampuh Biar Mukamu Nggak Jadi Kilang Minyak

Rizki Ramadan - Kamis, 04 Januari 2018 | 06:00
Muka Berminyak
Rizki Ramadan

Muka Berminyak

HAI-online.com - Punya wajah yang berminyak bikin kadar kegantengan kita berkurang sekian persen. Soalnya muka justru terlihat kusam. Belum lagi kalau diledekin cewek-cewek, “itu muka apa tangki minyak, bro!”, ditambah lagi si gebetan yang juga ikut-ikutan ngeledekin. Berasa nggak punya muka!

Biarpun sudah gonta-ganti sabun pencuci muka, tetap aja udah kayak “juragan minyak”. Santai bro, jangan salahin sabunnya, mungkin aja kita masih belum melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat di luar produk grooming. Misalnya saja seperti 5 poin di bawah ini. Apa semuanya sudah kita lakukan?

“Faktor-faktor yang memengaruhi kulit berminyak adalah umur, hormon, jenis kelamin, genetic, gaya hidup yang nggak sehat, dan diet yang berlebihan. Selain itu, semakin aktif kita bergerak maka semakin aktif juga kelenjar sebum (kelenjar minyak) memproduksi minyak di wajah. Jika memiliki kulit berminyak akan lebih cocok menggunakan sabun pembersih yang mengandung scurb, black mud, charcoal, salicylic acid, lemon extract, dan sejenisnya yang sifatnya non-comedogenic. Karena tujuannya mengangkat minyak dan komedo. Pada dasarnya kulit berminyak justru lebih bebas memilih sabun muka karena kulitnya nggak gampang iritasi," kata dr. Eddy Karta, Sp.KK dari RS Cipto Mangunkusumo

(BACA: Selain Nanya "Lagi Ngapain?" Ini 5 Ide Topik Untuk Mulai Chat Sama Gebetan. )

HINDARI MAKANAN BERLEMAK DAN BERMINYAK

Udah pakai sabun pencuci muka yang oil free, tapi kok muka masih berminyak? Mungkin bukan soal sabun pencuci mukanya yang nggak cocok di wajah. Tapi coba kita lihat lagi gimana kebiasaan makan. Mungkin kita sering makan goreng-gorengan dan makanan berminyak lainnya. Ternyata terlalu banyak makan makanan yang berminyak juga bisa memicu kulit wajah ikutan berminyak juga. Jadi kalau kita doyan baget makan goreng-gorengan, mending kurang-kurangin, deh.

PERBANYAK MINUM AIR PUTIH

Banyak minum air putih ternyata juga bisa mencegah kulit wajah jadi berminyak. Air putih bisa membantu meluruhkan kadar minyak yang banyak pada tubuh, terutama di wajah. Begitu juga dalam pemilihan produk untuk wajah, sebaiknya kita memilih produk yang berbahan dasar air. Ini supaya produksi minyak di wajah kita nggak berlebih karena factor eksternal.

CUCI MUKA DENGAN GERAKAN PELAN DAN LEMBUT

Kadang kita terlalu bersemangat dan bertenaga kalau lagi cuci muka. Tapi cuci muka dengan gerakan yang bertenaga belum tentu bisa menghapus minyak di wajah. Justru sebaiknya jangan menggosok wajah terlalu keras, apalagi kalau lagi jerawatan. Karena jerawat dan minyak nggak akan rontok seketika. Pelan-pelan aja nggak usah buru-buru. Seenggaknya dengan gerakan perlahan kirakira 3 – 5 menit, maka minyak di wajah akan terangkat dengan hasil yang lebih baik. Wajah terlihat bersih dan nggak kusam.

KURANGI BEGADANG

Gimana dong, kita suka nggak sadar begadang gara-gara nonton bola, main games, nonton film, atau ngerjain tugas. Nyatanya bahaya begadang bukan cuma bahaya buat tubuh, tapi juga nggak bagus buat kesehatan kulit muka. Kalau begadang, kita akan kehilangan kesempatan mengalami proses regenerasi sel kulit di wajah, sehingga wajah jadi kusam karena sel-sel kulit mati menumpuk akibat terlalu sering begadang. Akibat lainnya kulit muka jadi mudah berminyak, terlihat lesu, dan gantengnya tentu berkurang.

OLAHRAGA TERATUR

Olahraga yang teratur nyatanya bisa mengontrol hormon DHEA (dehidroepiandrosteron) dan DHT (dihydrotestoteron) yang merupakan hormone pemicu timbulnya jerawat. Selain itu ketika berolahraga, kulit wajah akan melepaskan minyak-minyak di wajah. Sehingga selanjutnya minyak di wajah akan berkurang di aktivitas lain.

(PENULIS: MERYAM ZAHIDA)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest