Follow Us

Tahun Depan Kita Bakal Bisa Lihat Lubang Hitam, Gimana Caranya?

Alvin Bahar - Kamis, 28 Desember 2017 | 06:30
Lubang hitam
Alvin Bahar

Lubang hitam

HAI-ONLINE.COM – Tahun 2018 nanti, untuk pertama kalinya, kita bisa melihat lubang hitam. Memang kita nggak bisa melihat dengan mata telanjang ataupun teleskop. Namun dengan teleskop milik para astronom, kita bisa melihat gambarnya.

Cek deh: Kisah Cowok Bule yang Menemukan Jati Diri dan Arti Kehidupan di Suku Mentawai

Keberadaan Lubang Hitam

Selama ini, memang para astronom yakin ada lubang hitam di ruang angkasa, tapi mereka belum pernah melihatnya secara langsung.

Mereka hanya memperkirakan keberadaan lubang hitam melalui peristiwa-peristiwa yang terjadi pada bintang dan benda langit lain di sekitar lubang hitam itu sendiri.

Lubang Hitam di Galaksi Kita

Di pusat setiap galaksi di alam semesta, terdapat lubang hitam yang siap mengisap benda-benda langit di sekitarnya. Di galaksi kita juga ada lubang hitam, lho.

Namanya Sagittarius A* yang berada pada jarak 26.000 tahun cahaya dari Bumi. Lubang hitam ini termasuk benda langit dengan jarak yang jauh dari Bumi. Maka itu, selama ini para astronom masih kesulitan untuk mengamatinya.

Baca Juga: Mau Mendengar Suara Lubang Hitam? Gini Caranya Menurut Ilmuwan Australia

Tahun 2018

Sejak bulan April 2017 lalu, para astronom sedang melakukan sebuah proyek untuk mengambil gambar atau memotret lubang hitam Sagittarius A* ini.

Dengan menggunakan teleskop radio, gelombang radio bisa melewati awan dan debu gelap yang ada di sekitarnya sehingga lubang hitam ini bisa terlihat dengan jelas.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest