Follow Us

Smartwatch Adalah Gadget Yang Dikira Bakal Banyak Suka, Tapi Ternyata Sedikit Yang Beli. Ini 5 Alasannya.

Rizki Ramadan - Kamis, 28 Desember 2017 | 01:50
Smartwatch Diprediksi The Simpson
Rizki Ramadan

Smartwatch Diprediksi The Simpson

HAI-online.com - Sebenarnya, pada tahun 2017 perkembangan serta persaingan di pasar teknologi bukan hanya pada sektor smartphone saja. Tapi, pada sektor wearable gadget seperti smartwatch juga berkembang cukup pesat pada tahun ini. Mulai dari Apple iWatch yang memiliki segudang fitur sampai Mi Band besutan Xiaomi yang dijual dengan harga murah. Walaupun sudah banyak produk smartwatch yang ada di pasar, tetap saja yang akan menjadi pertanyaan pertama adalah, apakah sebuah produk wearable gadget ini bisa menggeser posisi kepopuleran smartphone dan memenuhi berbagai kebutuhan komputasi sehari-hari kita? Sampai saat ini, penjualan gadget yang satu ini memang masih tergolong jauh dari smartphone. Dengan sejumlah fitur yang bisa menggantikan peran smartphone, smartwatch dianggap mempunyai masa depan yang cerah di pasar gadget. Namun, sepertinya wearable gadget yang satu ini belum banyak digunakan oleh bayak banyak orang untuk saat ini.

eMarketer, sebuah lembaga riset, memprediksi di tahun 2016, 60% orang dewasa di AS akan menggunakan smartwatch. Nyatanya, hanya 24,7% saja, tuh. Untuk tahun 2018, angka predisksinya mereka turunkan, jadi 11,9% saja.

Nah, menurut riset kecil-kecilan HAI, inilah 5 alasan kenapa banyak orang nggak mau membeli smartwatch. Langsung deh simak. Harga Mahal Dengan fitur yang masih sedikit, beberapa smartwatch besutan Apple dan Samsung memiliki harga yang jauh lebih mahal dari harga ponsel yang memiliki spesifikasi sama. Apalagi, beberapa fitur pada smartwatch itu nggak semuanya dibutuhkan.

"Konsumen masih belum menerima harga dari smartwathc yang kadang sama mahalnya dengan harga smartphone. Di masa liburan pun, kami mengira smart speakers akan lebih menarik untuk para penyuka teknologi karena harganya murah," kata Cindy Liu, analis dari eMarketer.

Desain yang kurang menarik Bisa dibilang, desain smartwatch yang beredar di pasar saat ini memiliki desain yang bagus. Tapi, masih banyak jam tangan biasa yang memiliki desain lebih bagus dari smartwatch, alhasil orang-orang lebih memiliki jam tangan biasa yang lebih murah dengan desain yang lebih bagus. Kebanyakan masih paired Smartwatch Ini nih salah satu yang disayangkan dari smartwatch. Nggak seperti VR yang sekarang sudah ada yang bisa berdiri sendiri, sampai saat ini smartwatch masih harus disambungkan ke ponsel Android atau Apple untuk iWatch. Itu kenapa jarang banget yang beli, guys. Belum butuh Masih banyak orang yang nggak tahu apa kegunaan dari Smartwatch. Dan juga masih banyak orang yang memang belum butuh terhadap hal yang satu ini. Selagi bisa dilakukan dengan smartphone mengapa harus memakai jam tangan? Baterai yang kecil Kalau kita lihat dari bentuknya yang mungil, sudah dapat dipastikan bawah smartwatch hanya akan berumur pendek. Karena, kapasitas baterai yang disematkan pada produk jenis ini tentunya memiliki kapasitas yang nggak terlalu besar. Menurut beberapa laporan, sebuah smartwatch paling lama hanya akan mampu bertahan di bawah 10 jam aja, guys.

Namun, smartwatch tetap akan digemari mereka yang suka olahraga. "Pasar wearable gadget akan tetap mendominasi di bidang kesehatan dan fitness. Kami belum melihat bahwa wearable deveice menjadi barang yang mesti dimiliki setiap orang," tulis Liu lagi.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest