Follow Us

Flu Berkepanjangan Adalah Gejala Sinusitis Yang Bisa Menyerang Anak Muda Juga. Pelajari Yuk!

Rizki Ramadan - Selasa, 26 Desember 2017 | 05:45
Ilustrasi Sinusitis
Rizki Ramadan

Ilustrasi Sinusitis

HAI-online.com - Pilek atau flu mungkin penyakit ringan yang biasa kita alami. Tapi kalau pilek nggak sembuh-sembuh dalam waktu lebih dari lima hari, sebaiknya jangan dianggap sepele. Karena itu bisa jadi gejala dari sinusitis. Sinusitis adalah peradangan sinus, rongga berisi udara yang bisa ditemukan di berbagai tengkorak: frontal (bagian bawah dahi), maxillary (tulang pipi), sphenoid (bagian belakang rongga hidung), dan ethmoid (di antara jembatan hidung dan mata).

“Sinusitis akut bisa disembuhkan biasanya dengan minum obat saja. Sedangkan sinusitis kronik awalnya diobati dengan minum obat. Kalau tidak sembuh juga dan penyakitnya semakin berat maka diperlukan tindakan operasi. Pecegahan di awal bisa dilakukan dengan segera mengobati bila timbul gejala flu atau pilek. Jangan dibiarkan gejala flu ini bila gejalanya semakin berat setelah hari ke 5," ujar Dr. Rusdian Utama Roeslani SpTHT-KL, spesialis THT, Rumah Sakit Gandaria, Jakarta

(BACA: Kamu Nggak Akan Males Gerak Lagi Setelah Baca 5 Akibatnya Pada Kesehatan. )

Jadi, sinusitis bukan penyakit flu biasa, karena ini bisa sangat mengganggu konsentrasi dan kenyamanan kita. Menurut spesialis THT (Telinga Hidung Tenggorokan) dr. Rusdian Utama Roeslani, SpTHT-KL, wajah dan kepala kita akan pusing atau nyeri ketika mengalami sinusitis. Ini terjadi karena adanya proses inflamasi atau pembengkakan di mukosa rongga hidung yang menyebabkan kepala pusing atau nyeri pada wajah sesuai dengan letak kelainan rongga sinus yang terjadi.

Nah, supaya kita bisa segera mencegah, coba, deh, kenali penyebab dan tanda-tanda penyakit ini.

ADA INFEKSI DI HIDUNG

Biasanya sinusitis terjadi karena adanya infeksi yang ditimbulkan oleh virus atau bakteri. Infeksi ini akan memicu terjadinya radang. Peradangan bisa timbul di sekitar rongga hidung ataupun tenggorokan, peradangan biasanya bisa terjadi pada organ-organ di daerah sekitar rongga hidung dan tenggorok seperti amandel atau tonsil dan kelenjar adenoid. Peradangan ini kemudian menimbulkan sakit dan nyeri di area rongga hidung dan tenggorok.

SUMBATAN RONGGA HIDUNG

Sumbatan yang terjadi di rongga hidung bisa disebabkan oleh penyakit maupun kelainan struktur anatomis hidung. Penyakit yang bisa menimbulkan terjadi sinusitis antara lain adalah tumor dan polip. Karena tumor dan polip di rongga hidung mampu menimbulkan sumbatan yang selanjutnya menjadi sinusitis. Bentuk anatomi tulang hidung yang bengkok juga bisa menyumbat aliran udara sehingga memicu munculnya sinusitis.

Gejala lainnya adalah, lendir kita jadi bau. Lebih menyengat dari biasanya.

ALERGI

Kamu punya alergi makanan atau alergi cuaca? Alergi zat kimia pada makanan ataupun udara ekstrim, baik panas atau dingin bisa menjadi salah satu penyebab sinusitis. Pada kondisi terkena alergi, respon tubuh akanmengalami radang dan pembengkakan. Kalau pembengkakan terjadi di wilayah sinus, maka terjadilah sumbatan rongga sinus menimbulkan sinusitis.

Halaman Selanjutnya

TRAUMA FISIK
1 2

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest