Follow Us

Seseorang yang Mengaku Mantan Karyawan Moonton Ungkap Sisi Gelap Mobile Legends. Perlu Kamu Baca Jangan langsung Percaya.

Rizki Ramadan - Jumat, 22 Desember 2017 | 09:00
Mobile Legends
Rizki Ramadan

Mobile Legends

HAI-online.com - Mobile Legends menjadi salah satu game yang paling tenar di Indonesia, ternyata perusahaan pengembang Mobile Legends ini memiliki ‘rahasia gelap’ di balik kesuksesan dari game-nya yang cukup bikin geleng-geleng kepala. Rahasia gelap ini dingkapkan oleh salah satu pengguna Reddit yang ternyata adalah mantan karyawan di Moonton itu sendiri. Lewat akun nya yang bernama @MobileLegendsBB, ia membocorkan banyak sekali rahasia gelap seperti kebijakan diskriminatif, rasisme, hingga seksisme. Dalam Redditnya, ia menyebutkan kebijakan perusahaan untuk merekrut pelamar di Moonton sangat dipengaruhi oleh ras dan etnis. Moonton sempat seluruh pelamar Malaysia-Tionghoa untuk mengisi posisi sebagai penerjemah dari Malaysia dan Tiongkok. Padahal beberapa pelamar diketahui memiliki pengalaman dan latar belakang yang mumpuni.

(BACA: 9 Ciri Pemain ‘Noob’ Yang Cuma Jadi Beban di Mobile Legends. Semoga Kamu Bukan Salah Satunya.) Masih dengan konteks dipengaruhi dengan ras dan etnis, CEO Moonton sendiri, memberikan intruksi untuk nggak mempekerjakan orang berkulit hitam karena menurutnya mereka adalah penjahat. Sedangkan orang-orang yang berkulit putih akan diberi kemudahan, karena mereka dianggap mendorong citra perusahaan Mobile Legends tersebut. Selanjutnya, kita lanjut ke ‘rahasia gelap’ berikutnya. Tau kan kalau Mobile Legends belakangan ini sering mengeluarkan hero atau skin baru belakangan ini yang dimana harganya sangat bervariasi, mulai dari Rp 149 ribu sampai Rp1,4 jutaan.

Hebatnya, sebagian besar skin yang ada di Mobile Legends diakui merupakan jiplakan dari game MOBA lainnya. “Berbekal software Unity 3D, tim desain akan merombak sedikit skin yang ada saat ini dengan tambahan stats yang sebenarnya tidak berpengaruh di dalam game” ungkap pemilik akun @MobileLegendsBB. Selain itu, pasti tau kan kalau belakangan ini Mobile Legends seringkali merilis hero baru yang hampir dua minggu sekali. Hero yang dirilis pun harus dirancang untuk yang menjadi paling kuat di dalam game. Dengan begini, pastinya para pemain akan terpancing untuk membeli hero tersebut agar bisa terus menang. Karena hal ini, para pemain Mobile Legends yang membeli hero baru dengan uang sungguhan ini tanpa sadar melakukan pay to win. Sebenarnya masih banyak informasi yang diungkap akun @MobileLegendsBB di Reddit, mulai dari plagiat game MOBA lainnya sampai aksi seksisme yang ada dilingkungan perusahaan.

Namun sayangnya, menurut kabar akun Reddit tersebut diretas oleh pihak yang identitasnya belum diketahui. PIhak Moonton pun belum mengeluarkan klarifikasi resmi.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest