Follow Us

Kenapa Orang Bisa Jadi Kleptomania dan Apakah Bisa Disembuhkan?

Alvin Bahar - Rabu, 20 Desember 2017 | 07:30
Kecanduan GTA Cowok Mencuri Mobil
Alvin Bahar

Kecanduan GTA Cowok Mencuri Mobil

HAI-ONLINE.COM - Punya barang sering hilang, eh kegep ternyata temen sendiri yang sikat. Padahal, kita tau si temen juga nggak butuh-butuh banget sama barang yang ia curi. Itu namanya kleptomania!

Bagi seseorang yang mengidap kleptomania, mungkin akan bertanya-tanya bagaimana caranya agar bisa sembuh dari kebiasaan ini. Untuk mengetahuinya, yuk, kita simak informasinya di bawah ini!

Cek deh: Dengan Jiwa Punk dan Semangat DIY, Mantan Anak Jalanan Ini Kini Jadi Pengusaha Sablon Sukses!

Sulit Mengendalikan Keinginan Mencuri

Seperti yang kita tahu, kleptomania adalah gangguan atau kesulitan dalam mengendalikan keinginan atau dorongan untuk mengambil milik orang lain.

Gangguan ini biasanya nggak terjadi sekali atau dua kali saja, melainkan terjadi terus menerus.

Keinginan mencuri bagi kleptomania timbul begitu saja tanpa direncanakan dan sangat sulit menghilangkan kebiasaan ini.

Kenapa Seseorang Bisa Kleptomania?

Dilansir dari hellosehat, belum bisa dipastikan apa penyebab seseorang jadi kleptomania. Namun, para ahli berkata bahwa kondisi ini ada hubungannya dengan gangguan obsesif-kompulsif (OCD).

Mereka yang kleptomania mengalami kelainan pada saraf dan sirkuit otak yang mengatur sistem reward atau ganjaran. Letakya berada di bagian depan dan tengah otak kita. Pemikiran mereka mirip dengan seseorang yang mengalami kecanduan.

Apakah Dapat Disembuhkan?

Karena penyebabnya belum ditemukan, sampai saat ini belum ada pengobatan khusus atau tertentu yang bisa dilakukan. Cara penyembuhan yang biasanya ditawarkan adalah lebih fokus pada pengendalian dorongan mencuri dan menghilangkan rasa puas setelah mencuri sesuatu.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest