Follow Us

Hari Ini Ada Sejarah Terciptanya Gol Salto Fenomenal Widodo Cahyono Putro

- Senin, 04 Desember 2017 | 06:45
Gol Legendaris
Hai Online

Gol Legendaris

Tepat pada hari ini, 21 tahun yang lalu, 4 Desember 1996, pencinta sepak bola Indonesia dibuat bangga oleh aksi salah satu pilar timnas di Piala Asia AFC yang berlangsung di Uni Emirat Arab.

Meski di ajang itu gagal memetik satupun kemenangan dan nggak lolos dari babak grup, setidaknya nama Indonesia menjadi harum berkat gol berlabel fantastis salah satu penggawa timnas yang dibesut Danurwindo. Melawan Kuwait di laga yang berlangsung di Stadion Mohammed Bin Zayed, striker timnas Indonesia Widodo Cahyono Putro mencetak wonder goal dengan sepakan akrobatik.

Menyambut umpan crossing duetnya di lini depan yakni Ronny Wabia dari lini serang sebelah kanan, striker Petrokimia Gresik tanpa pikir panjang langsung berbalik dan melakukan salto untuk menggapai bola.

Sepakan bola yang kencang pada menit ke-20 tak sanggup dihalau kiper Kuwait yang dijaga Khaled Al Fadhli. Nama Widodo seketika tenar, stasiun televisi Emirat Arab TV Star diikuti stasiun TV lainnya dikabarkan berulang kali menayangkan gol pria kelahiran Cilacap itu.

Pelatih Kuwait Milan Macala tak lupa menyanjung gol yang dicetak Widodo.

"Kungfu goal! Saya tiga kali memimpikan gol tersebut," ucap Macala dikutip BolaSport.com dari tabloid BOLA edisi minggu kedua bulan Desember 1996.

Kiper Kuwait, Al Fahdli, yang gawangnya kena korban dua gol Indonesia (satu gol lagi dicetak Ronny) juga memuji gol fantastis Widodo.

"Jika saya berhenti bermain bola, mungkin saya akan kembali melihat gol tersebut lewat video tape," kata Al Fadhli.

Nggak hanya dari kubu Kuwait, Wiwid - panggilan akrab Widodo - juga menjadi dikenal oleh publik Emirat Arab.

"Yang mana Widodo?" tanya seorang satpam saat beberapa pemain timnas Indonesia mengunjungi sebuah supermarket di Abu Dhabi.

"Widodo hebat!" katanya setelah diberitahu orang yang ia cari.

Source : BolaSport.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest