Follow Us

21 Tahun Lalu, Salah Satu Gol Terindah Dunia Dicetak Pemain Indonesia, Siapakah Dia?

Fadli Adzani - Senin, 04 Desember 2017 | 00:45
Widodo C Putro
Fadli Adzani

Widodo C Putro

Siapa bilang pemain sepak bola Indonesia nggak pernah menorehkan sejarah penting dalam olahraga paling diminati masyarakat dunia itu?

Nyatanya, pada tanggal 4 Desember tahun 1996 silam, seorang pemain timnas Indonesia bernama Widodo C. Putro, mencetak salah satu gol terindah sepanjang sejarah sepak bola dunia.

Kala itu, Indonesia sedang berlaga di Piala Asia yang dihelat di Uni Emirat Arab.

Emang, sih, saat itu Indonesia sama sekali nggak memenangkan satu laga pun. Namun, nama timnas Indonesia tetap harum karena gol salto jarak jauh Widodo.

Saat itu, Widodo menyambut umpan dari pemain timnas lainnya, yakni Ronny Wabia yang berlari kencang dari lini kanan dan menyepak bola ke tengah, menuju ke Widodo.

Widodo, yang kala itu membela Petrokimia Gresik, langsung melompat dan melakukan tendangan akrobatik hingga akhirnya mencetak gawang Kuwait yang dijaga Khaled Al Fadhli!

Akhirnya, nama Widodo pun diperbincangkan oleh media internasional, salah satunya oleh Emirat Arab TV Star, yang berulang kali menayangkan gol tersebut.

Bahkan, sebagaimana diberitakan oleh BolaSport.com dalam artikel berjudul "Sejarah Hari Ini, Gol Terbaik Piala Asia Lahir dari Sepakan Salto Widodo C Putro", kiper Kuwait juga memuji gol yang mengoyak gawangnya itu.

"Jika saya berhenti bermain bola, mungkin saya akan kembali melihat gol tersebut lewat video tape," kata Al Fadhli.

Namun, pemain Indonesia kelahiran Cilacap itu nggak mau sombong. "Ah yang terkenal golnya, bukan saya," kata Widodo.

Gol itu pun dianggap sebagai gol terindah Piala AFC pada tahun 1996.

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

Latest