Follow Us

10 Fakta Tentang Lagu 'Smell Like Teen Spirit" Dari Nirvana.

Rizki Ramadan - Sabtu, 25 November 2017 | 03:00
The Nirvana Experience
Rizki Ramadan

The Nirvana Experience

HAI-online.com - 26 tahun lalu, tepatnya tanggal 17 April 1991 buat pertama kalinya Nirvana tampil secara live ngebawain lagu yang dikemudian hari identik dengan band grunge asal Seattle ini, Smells Like Teen Spirit. Ketika itu Nirvana tampil di OK Hotel di Seattle, Amerika Serikat bersama band-band grunge lokal lainnya, seperti Mudhoney, Tad, Soundgarden, hingga band yang kelak jadi cikal bakal band grunge legendaris Pearl Jam, Mother Love Bone.

(BACA: Bukti Bahwa Dunia Selalu Mengandalkan Anak Muda Untuk Membawa Perubahan

Mungkin para penonton yang dateng ke acara itu nggak bakal ngira kalo mereka bakalan jadi ‘saksi sejarah’ penampilan live pertama lagu yang di kemudian hari dimasukkan di daftar 50 lagu paling ikonik sepanjang masa, berdasarkan riset dari Universitas Goldsmith di London. Selain masuk ke dalam daftar tersebut, lagu ini ternyata juga punya beberapa fakta unik diballiknya, ini dia 10 diantaranya:

1. Kurt Cobain bilang kali lagu ini sebenernya adalah sebuah rip off atau gabungan/bajakan dari beberapa lagu termasuk lagu ikonik milik Boston, “More Than A Feeling”.

2. Video klip lagu ‘Smells Like Teen Spirit’ sendiri terinspirasi dari film Over The Edge (1979) dan film dari band punk legendaris, Ramones. Rock ‘n Roll High School (1979).

3. Lagu ini ternyata baru tercipta beberapa minggu sebelum Nirvana melakukan sesi rekaman album Nevermind di tahun 1991.

4. Di tahun 1994, Kurt Cobain bilang kalo lagu ini ternyata terinspirasi dari salah satu lagu dari band legendaris The Pixies. “Aku mencoba menulis lagu pop yang keren. Sebetulnya aku mencoba buat nge-rip off The Pixies. Kami mengakui kalo kami memakai dinamika mereka, pelan dan sepi kemudian kencang dan keras,”jelas Cobain.

5. Judul lagunya yang sedikit unik ternyata terinspirasi dari tulisan cat semprot di tembok yang ditulis oleh vokalis band Bikini Kill, Kathleen Hanna, berbunyi “Kurt Smells Like Teen Spirit”.

6. Kurt Cobain yang mengetahuinya berpikir kalo slogan ini adalah pesan yang revolusioner. Padahal, menurut Hanna, Teen Spirit hanyalah merk deodoran yang digunakan oleh pacar Cobain ketika itu, Tobi Vail. Cobain sendiri nggak mengetahui fakta ini hingga lagunya dirilis.

7. Ketika Kurt Cobain pertama kali menunjukkan lagu ini kepada dua rekannya di Nirvana, sang bassis, Krist Novoselic bilang kalo lagu ini ‘nggak masuk akal’. Akan tetapi kemudian Dave Grohl ngebantu Kurt buat mengubah lagu ini jadi lebih baik. “Tunggu sebentar, kenapa kita nggak lambatkan (lagu) ini sejenak. So. Aku mulai bermain bagian verse, lalu Dave bermain beat drumnya,” kata Kurt Cobain.

8. Lagu ‘Smells Like Teen Spirit’ adalah satu-satunya lagu di album Nevermind dimana ketiga personel band tertulis jadi co-writer di balik kreditnya.

9. Lagu ‘Smells Like Teen Spirit’ ini akhirnya direkam dengan produser Butch Vig dari band Garage, hanya dengan tiga kali take. Begitu juga dengan pembuatan video klipnya, yang juga hanya membutuhkan tiga kali take dalam prosesnya.

10. Label rekaman Nirvana, DDC, awalnya udah nyiapain lagu “Come As You Are’ sebagai hits andalan dari album Nevermind. Tapi karena lagu ‘Smells Like Teen Spirit’ sukses besar, mereka jadiin lagu ini sebagai andalan, dan “Come As You Are’ jadi single kedua.

(Penulis: Dimas Yulian)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest