Follow Us

Ini yang Terjadi di Konferensi Bumi Datar Pertama di Dunia

Alvin Bahar - Rabu, 22 November 2017 | 03:00
Flat earth conference
Alvin Bahar

Flat earth conference

HAI-ONLINE.COM - Para ilmuwan sudah final meyakini bahwa bentuk bumi itu bulat (bahkan beratus-ratus tahun lalu), tetapi para ahli konspirasi menyatakan bahwa bentuk bumi itu datar. Mereka bahkan menggelar konferensi pertamanya untuk mendiskusikan hal ini (!!!).

Pada tanggal 9 dan 10 November 2017 lalu, ratusan ahli teori konspirasi berbondong-bondong mengikuti konferensi Internasional Flat Earth atau Bumi Datar di North Carolina. Flat earthers all around the globe datang ke event ini.

Konferensi internasional Flat Earth ini diprakarsai oleh Kryptoz Media dan Creation Cosmology Institute. Kryptoz merupakan perusahaan DVD dan Creation Cosmology Institute adalah perusahaan daring dengan skala kecil yang akunnya sudah dihapus dari saluran Youtube.

Cek deh: Ini Dia Penyebab Banyak Orang Nggak Percaya Sains, Ehem, Yang Percaya Bumi Datar coba Baca Dulu Deh

Flat earth society
Beberapa tokoh kontroversial yang turut meramaikan acara ini adalah Darryle Marble yang mengklaim pernah naik di pesawat terbang untuk "membuktikan" bumi nggak melengkung dan Mark Sargent, pemilik akun Serial Bumi Datar di Youtube.

Seperti yang dimuat di Dailymail, Jumat (17/11/2017), konferensi "aneh" tersebut bertujuan untuk menegaskan bahwa bumi berbentuk cakram, bukan bulat.

Pada peta bumi datar, digambarkan bahwa lingkaran Arktik berada di posisi tengah, sedangkan Antarika mengelilingi pusatnya dengan dinding es setebal 45 meter. Para ahli konspirasi bumi datar juga mengklaim bahwa planet bumi itu diam dan nggak mengorbit ke matahari.

Literally me right now.
Teori ini jelas dibantah oleh komunitas ilmuwan internasional.

Para ilmuwan menunjukan foto-foto luar angkasa dan penelitian para astronomi tentang bentuk dan kondisi bumi, tetapi para penganut bumi datar menganggap bahwa citra satelit dan bukti ilmiah yang ada selama ini hanyalah "konspirasi bumi bulat" yang dibuat oleh NASA dan negara-negara lainnya.

Terlepas dari judul konferensinya, acara tersebut nggak hanya membahas teori Bumi Datar saja.

Flat earth society
Mereka juga membahas teori konspirasi lainnya, seperti pendaratan di bulan yang dianggap palsu dan adanya konspirasi internasional yang menutup-nutupi keberadaan benua Antartika yang sebenarnya.

Konferensi berikutnya akan diadakan di Denver, pada 15 - 16 November tahun 2018, dan penyelenggara berharap peserta mencapai 1.500-an orang.

Ada yang minat datang?

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul "Konferensi Bumi Datar Pertama Digelar, Apa Isinya?"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest