Follow Us

Wow, Film Hollywood Ini Diproduksi Cuma Menggunakan iPhone!

Alvin Bahar - Rabu, 22 November 2017 | 02:45
iPhone X
Alvin Bahar

iPhone X

HAI-ONLINE.COM - Sutradara film Hollywood Steven Soderbergh menggarap proyek film terbarunya yang direkam sepenuhnya menggunakan iPhone. Film berjudul Unsane tersebut rencananya akan diputar secara luas di layar lebar pada 23 Maret 2018.

Unsane bergenre horor, yang disebut Soderbergh, menyerupai film horor Get Out namun dengan alur yang berbeda. Plot utama film ini menceritakan seorang cewek muda yang secara nggak sadar bekerja di lembaga kesehatan mental.

Sayangnya, nggak disebutkan seri iPhone mana yang digunakan untuk pengambilan gambar dan detail proses pembuatan film tersebut.

Namun karena pembuatan film ini dilakukan pada awal atau pertengahan tahun 2017, asumsi yang beredar film ini menggunakan iPhone 7 atau iPhone 7 Plus yang saat itu jadi seri iPhone dengan kamera terbaik.

"Kamu nggak akan bisa mengatakan apapun (tentang proses pembuatan filmnya)," kata salah satu pemain Unsane, Joy Pharaoh."

Cek deh: Oppo, Xiaomi, dan Huawei Siapkan Produk Yang Niru iPhone X

Dilansir KompasTekno dari Macrumors, Senin (21/11/2017), Unsane bukan film pertama yang direkam menggunakan iPhone. Namun, film ini bisa jadi film 'kelas atas' yang direkam dengan iPhone mengingat film-film Soderbergh yang sukses di Hollywood.

Sebelumnya, film berjudul 'Tangerine' tahun 2015 juga direkam menggunakan tiga buah iPhone 5s, seperangkat lensa anamorphic, steadicam yang digunakan untuk menstabilkan gambar dan aplikasi Filmic Pro seharga 8 dollar AS atau sekitar Rp 108.000 untuk mengedit film.

Film berdurasi 2,5 jam ini diputar secara terbatas dalam festival film di tahun 2015 termasuk Festival Film Sundance. Apple juga pernah mendanai film pendek berdurasi sebelas menit yang disutradarai oleh Michel Gondry menggunakan iPhone untuk merekam setiap adegan berjudul Détour.

Film tersebut memperlihatkan proses pembuatan film yang diproduksi di Marché Saint-Germain, sebuah Apple Store di Paris. Dalam diskusi filmya, Gondry juga mengatakan sinematografi di masa depan dimana iPhone cocok dalam pembuatan film.

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul "Film Horor Produksi Hollywood Sepenuhnya Direkam Pakai iPhone"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest