Follow Us

Gokil! Motor Bermesin Diesel Ini Bisa Melaju 150km/Jam dalam 9,7 Detik

- Selasa, 20 Februari 2018 | 14:00
Ganteng Abis!
Hai Online

Ganteng Abis!

HAI-Online.com - Mesin diesel memang umumnya ditemukan di mobil dan kendaraan berat seperti bus, truk, atau kendaraan konstruksi. Soalnya mesin diesel punya keunggulan torsi besar, hemat bahan bakar, hingga punya daya tahan dan ketangguhan lebih baik dari mesin bensin.

Tapi, dibalik keuntungannya, mesin diesel punya kelemahan getaran dan suara mesinnya lebih kasar dibandingkan mesin bensin. Selain itu mesin diesel yang dipasang di sepeda motor akan memiliki power to weight ratio (PTWR) yang jelek karena ukuran mesinnya yang besar dan berat.

UDAH TAU BELUM? Ini Fungsi Penting AC Mobil ketika Kita Nyetir saat Hujan

Itulah sebabnya mesin diesel kurang cocok diterapkan untuk sepeda motor yang bobotnya harus enteng, lincah, dan putaran mesinnya tinggi. Tapi bukan berarti nggak ada motor yang menggunakan mesin diesel. Nih, contohnya ada M1030M1 yang dibuat oleh Hayes Diversified Technologies (HDT) dari California dengan basis Kawasaki KLR650.

Alasannya simple aja, supaya enggak repot bawa banyak logistik seperti bahan bakar diesel! Jadinya motor, mobil, jip, hingga tank menggunakan bahan bakar yang sama.

Kalau ngomongin speknya, M1030M1 cuma pakai sasis dan transmisi dari Kawasaki KLR650. Nah mesinnya ini yang bikinan dari HDT dengan spesifikasi 1 silinder 611cc berpendingin air.

Nah powernya maksimal 30 dk di 5700rpm sebab karakter mesin diesel memang enggak perlu putaran mesin tinggi. Berat motor ini mencapai 166 kg dan punya akselerasi dari 0 – 100km/h dalam waktu 9,7 detik dan kecepatan maksimalnya 150km/jam. Karakter dieselnya keliatan banget dari konsumsi bahan bakarnya yaitu 1 liter untuk 40km, jelas irit banget lho mengingat mesinnya 611cc!

Selain versi militer, ada juga versi sipilnya yang dibuat oleh HDT dengan nama Kawasaki Bulldog D650-A1LE. Kawasaki Bulldog mempunyai tenaga yang lebih tinggi dari versi militer, dengan konsekuensi konsumsi solar yang lebih boros.

Sama Kerennya!
Saat diperkenalkan pada tahun 2007 di Amerika Serikat, Kawasaki Bulldog dilepas di harga $18.999 yang setara dengan Rp 257 jutaan! Buset, dah, ada yang minta beli?

Suaranya juga minta ampun berisik banget, langsung dengerin deh di video ini:

Artikel ini pertama kali ditayangkan di GridOto, dengan judul artikel Motor Pakai Mesin Diesel Kayak Bus? Ada Kok, Asli Suaranya Mirip Mesin Gilingan Padi!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest