Follow Us

Ini 5 Fakta Paus Sperma yang Belum lama Ini Terdampar di Aceh

Alvin Bahar - Kamis, 16 November 2017 | 03:45
Paus sperma
Alvin Bahar

Paus sperma

HAI-ONLINE.COM - Beberapa waktu lalu kita dihebohkan dengan terdamparnya 10 Paus Sperma di Aceh. Beberapa ada yang berhasil dikembalikan ke laut, ada juga yang mati.

Nah, HAI punya nih beberapa fakta dari mamalia laut dengan nama latin Physeter macrocephalus tersebut.

Cek deh: Kenapa Harga Muntahan Paus Bisa Sampai Ratusan Juta Rupiah?

1. Memiliki otak terbesar Paus Sperma ternyata memiliki otak terbesar dari semua hewan yang diketahui ada loh. Beratnya disinyalir lebih dari 5 kali berat otak manusia. Rata-rata berat otak Paus Sperma jantan dewasa sebesar 7 kg.

2. Salah satu penyelam terdalam di dunia Hewan yang tergolong spesies cetacea (mencakup spesies paus, lumba-lumba, dan ikan pari) ini dapat menyelam lebih dari 9.500 kaki atau setara 2.9 km. Kemampuannya inilah yang menjadikannya salah satu penyelam terdalam di dunia.

3. Memproduksi Ambergris (muntahan paus)

Muntahan paus
Ambergris atau muntahan paus ini merupakan hasil proses pencernaan yang dikeluarkan lewat anus. Ambergris inilah yang sering digunakan untuk ekstraksi pembuatan parfum. Nanti bisa dibuat untuk zat pengawet parfum tersebut.

4. Mempertahankan diri dengan menyeruduk lawan Penelitian menunjukkan nih kalau Paus Sperma menggunakan kepalanya yang besar untuk melawan kapal-kapal pemburu sebagai musuhnya.

BACA: Ketika Para Cowok Berbagi Tips Lancar Chat Dengan Si Gebetan Walau Gombal Sudah Nggak Mempan

5. Dapat menahan napas satu setengah jam Paus Sperma memilki kemampuan menyelam dalam yang diimbangi juga dengan ketahanan bernapasnya di dalam air. Ia dapat menahan napas sampai satu setengah jam atau 90 menit lamanya.

Mamalia yang disebut juga Paus Kepala Kotak ini merupakan hewan bergigi terbesar di dunia loh. Beratnya sendiri dapat mencapai 57 ton! Ukurannya sendiri 12 - 16 meter. Sekarang tugas kita untuk terus melindunginya ya! (Dewi)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest